Perbekel Tajun Motivasi Kepala Desa se-Kabupaten Bengkulu Tengah dalam Pengelolaan APBDes dan BUMDes

18 April 2018 13:38:35 WITA

Pemerintah Desa Tajun hari ini Rabu, 18 April 2018, kembali menerima tamu study lapangan dari Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah. Peserta studi lapangan terdiri atas Kepala Desa beserta perangkat desa yang jumlahnya 143 orang. Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bengkulu, Kabid Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna, Camat Merigi Sakti, Camat Pematang Tiga, dan Camat Pondok Kubang.

Kepala DPMD Kabupaten Bengkulu, Dra, Yulia Faridah, M.Si., dalam sambutannya menyatakan bahwa tujuan kegiatan ini untuk memberikan tambahan wawasan kepada Kepala Desa serta Perangkat Desa se-Kabupaten Bengkulu Tengah tentang pengelolaan administrasi pemerintahan desa dan pengelolaan BUMDesa. “Kami memilih Desa Tajun karena Desa Tajun sebagai salah satu desa dengan pengelolaan APBDes terbaik serta BUMDesa terbaik nasional. Melalui kegiatan study lapangan ini, saya berharap kepada Kepala Desa Tajun untuk memberikan infomasi dan motivasi kepada Kepala Desa serta Perangkat Desa sehingga nanti mampu mengelola APBDes serta membangun dan mengembangkan BUMDes,” paparnya.

Sementara itu, Perbekel Tajun, Ir. Gede Ardana, dalam paparan materinya menyarankan kepada Kepala Desa agar menyusun APBDes  dan BUMdes sesuai dengan profil desa. “RPJMDes dan pembangunan BUMDes harus sesuai dengan profil dan potensi desa. Konsepnya harus didasari oleh prinsip Pro Growth (mengacu pada pertumbuhan ekonomi desa), Pro Poor (pembangunan ekonomi ini lebih diarahkan dan berpihak kepada masyarakat miskin), Pro Job, (mengacu pada penciptaan lapangan kerja), Pro Environtment (pembangunan desa harus memerhatikan lingkungan), dan Pro Culture (berasaskan kebudayaan),” paparnya. Terkait dengan pembangunan BUMDes, Perbekel Tajun, juga menegaskan bahwa tujuan utama pendirian BUMDes adalah untuk menumbuhkembangkan perekonomian desa guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.  

 

Komentar atas Perbekel Tajun Motivasi Kepala Desa se-Kabupaten Bengkulu Tengah dalam Pengelolaan APBDes dan BUMDes

Manaf 18 April 2018 15:26:22 WITA
Kreeeenn memang tajun

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar