Pendataan Potensi Desa (Podes) Desa Tajun

05 Mei 2018 11:08:17 WITA

Pencacah Podes dari Badan Pusat Statistik melakukan pendataan potensi Desa Tajun, Jumat (4/5) siang. Pencacah Podes diterima oleh Sekretaris Desa Tajun, Kadek Budi Adnyana, di Kantor Desa Tajun. Dalam pendataan ini Sekdes sekaligus memfasilitasi pencacah dengan memberikan keterangan atau data-data yang diperlukan oleh Pencacah Podes.

Pencacah Podes, Ni Luh Karmanadi, menyatakan bahwa Podes bertujuan untuk memperoleh data potensi desa yang nantinya dapat digunakan oleh pemerintah atau pihak-pihak terkait dalam menyusun rencana kerja atau penyusunan informasi tentang desa. "Data potensi desa nantinya akan diinput dan menjadi data milik BPS. Pemerintah atau lembaga-lembaga terkait yang membutuhkan data potensi desa, misalnya untuk mengetahui perkembangan pembangunan desa bisa meminta data di BPS," terangnya.

Dalam Buku Pedoman Pencacah Desa/Kelurahan Podes 2018 ada beberapa jenis data potensi data yang dikumpulkan. Data tersebut meliputi, keterangan tempat, keterangan petugas dan narasumber, keterangan umum desa, kependudukan dan ketenagakerjaan, perumahan dan lingkungan hidup, bencana alam dan mitigasi bencana alam, pendidikan dan kesehatan, sosial budaya, olahraga dan hiburan, angkutan, komunikasi dan informasi, penggunaan lahan, ekonomi, keamanan, keuangan dan aset desa, pembangunan dana desa, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, keterangan aparatur pemerintah desa, dan modul.

Semoga dengan adanya pendataan potensi desa (Podes) ini dapat memberikan informasi kepada pemerintah dan pihak terkait tentang perkembangan desa, menyusun rencana kerja, ataupun menentukan kebijakan-kebijakan pembangunan desa.

Komentar atas Pendataan Potensi Desa (Podes) Desa Tajun

Komang Sujana 05 Mei 2018 16:00:59 WITA
Osa, sama-sama Pak Gusti. Terima kasih juga sudah melakukan pendataan di Desa Tajun. Rahayu....
IG.B. Asti Legawa 05 Mei 2018 12:58:00 WITA
Kepada Kades, Sekdes, dan seluruh Aparat Desa Tajun, kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan bantuanya memberikan data dg sebaik-baiknya. Semoga Desa Tajun makin jaya dan memberi inspirasi bagi seluruh Desa/Kelurahan di seluruh indonesia utk bersama-sama mensukseskab pendataan Podes 2018.
Ni luh karmanadi 05 Mei 2018 12:06:14 WITA
Mantap...mengabdi lewat data..semoga bisa bermanfaat bagi bersama..suksma pak mekel..sekdes..pk kaur kesra..desa tajut atas partisifasinya dlm memberikan data yg berkualitas..
eman sulaeman 05 Mei 2018 12:06:02 WITA
Terimakasih atas data dan dukungan yg telah diberikan dalam pelaksanaan Oides3018. Mari bangun Indonesia dari pinggiran (desa).

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar