Menanti Panen, Petani Cengkeh Tajun Berharap Harga Tetap Stabil

23 Juni 2018 16:01:54 WITA

Tahun 2017 merupakan tahun yang kurang bersahabat bagi peteni cengkeh di Buleleng dan Tajun pada khususnya. Produksi cengkeh tahun lalu benar-benar turun drastis. Curah hujan yang terlalu tinggi menyebabkan kadar air terlalu banyak sehingga petani cengkeh gagal panen. Kondisi tersebut berdampak buruk bagi perekonomian masyarakat.

Untuk tahun ini, tanda-tanda peteni cengkeh akan panen besar sudah terlihat.  Jika tidak ada bencana besar maka bulan Agustus warga Desa Tajun akan mulai memanen cengkeh. Walaupun akan panen besar, petani cengkeh Tajun masih harap-harap cemas. Selain penyakit jamur akar putih mulai menyerang tanaman cengkeh, harga cengkeh juga belum stabil. Berdasarkan informasi yang diperoleh siang (23/6) tadi, sekitar pukul 12.10 wita harga cengkeh kering per kg adalah Rp 94 ribu. "Bulan lalu sempat Rp 102 ribu,"  kata Jero Komang Sumanadi, pengepul cengkeh sekaligus petani cengkeh Tajun. Ia mengakui harga cengkeh saat ini cenderung berubah-ubah setiap harinya. "Jika cengkeh mencapai Rp 80-85 ribu maka petani cengkeh akan kesulitan," imbuhnya.

Petani Tajun berharap saat panen cengkeh harga cengkeh stabil dan minimal dikisaran Rp 100 ribu per kg. "Harapannya agar harga minimal per kg Rp 100 ribu," kata Nyoman Bawa, warga Banjar Dinas Batu Ngadeg. Harapan yang sama juga disampaikan oleh Nyoman Sukerta, ketika ditemui di kebun cengkehnya. Jika harga turun drastis maka petani akan kalah pada biaya petik. Kondisi ini akan semakin sulit apalagi tahun lalu sudah gagal total.

Saat ini petani cengkeh Tajun sudah mempersipkan musim panen. Mulai dengan membersihkan lahan pertanian, dan membuat tangga dari bambu sebagai alat petik cengkeh yang istilah lokalnya disebut dengan "jan/bangul". Semoga tahun ini panen raya bisa terwujud dan harga cengkeh sesuai harapan petani.

Komentar atas Menanti Panen, Petani Cengkeh Tajun Berharap Harga Tetap Stabil

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar