Perbekel se-Kecamatan Mendoyo Studi Tiru Pengelolaan Sampah di Desa Tajun

06 Juli 2018 15:07:21 WITA

Perbekel se-Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali, hari ini, Jumat (06/07/18) melakukan studi tiru pengelolaan sampah di Desa Tajun. Rombongan studi tiru terdiri atas Perbekel dan Lurah se-Kecamatan Mendoyo, anggota BPD, dan staf BUMDes bersama yang didampingi langsung oleh Camat Mendoyo.

Camat Mendoyo, Drs. Gede Sujana, M.Si., menyatakan bahwa studi tiru ini secara khusus untuk meniru sistem pengelolaan sampah di Desa Tajun. Hal ini dikarenakan sistem pengelolaan sampah belum di kembangkan di desa-desa di Kecamatan Mendoyo. Rencana ke depan beberapa desa di Kecamatan Mendoyo akan diarahkan untuk meniru pengelolaan sampah seperti di Desa Tajun. “Tahun 2019 beberapa desa yang diprioritaskan (daerah perkotaan) akan menganggarkan pengelolaan sampah di APBDes,” jelasnya. Apalagi setelah menyimak pemaparan dari Perbekel Tajun, ia tambah termotivasi untuk mengembangkan pengelolaan sampah di Mendoyo. “Luar biasa. Ternyata pengelolaan sampah memiliki berbagai dampak, seperti dampak sosial, ekonomi, budaya, dan kesehatan,” ungkapnya.

Pengelolaan sampah di Desa Tajun dikelola oleh BUMDesa Mandala giri Amerta Desa Tajun melalui unit  Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST). TPST dibentuk untuk menciptakan Desa Tajun yang ‘BISA’, yaitu bersih, indah, sehat, dan asri. Lingkungan yang bersih merupakan salah satu indikator peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Kegiatan TPST meliputi, pemungutan sampah organik dan nonorganik, pemilahan sampah, pencacahan sampah, pengayakan sampah, dan produksi pupuk organik yang mana pupuk organik ini dijual kepada masyarakat. Sedangkan sampah plastiknya dijual kepada pihak ketiga.

Komentar atas Perbekel se-Kecamatan Mendoyo Studi Tiru Pengelolaan Sampah di Desa Tajun

Komang Sujana 06 Juli 2018 19:06:01 WITA
Sama-sama Pak Detoyo
Detoyo 06 Juli 2018 15:35:56 WITA
Salam hormat buat pak Camat Mendoyo. Trimakasih pak perbekel Tajun sdh menerima rombongan dari kec. Mendoyo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar