Pasraman Remaja Desa Pakraman Tajun Difokuskan untuk Pelatihan Gong Kebyar Sekaa Truna

Komang Sujana 12 Juli 2018 19:29:05 WITA

Bertempat di Pura Dalem Dasar Desa Pakraman Tajun, Kamis (12/07/18), bertepatan dengan hari Tilem Kasa, Desa Pakraman Tajun melaksanakan acara Paruman Desa Pakraman yang di dalamnya terdapat acara pembukaan pasraman rejama. Dihadiri oleh Kelihan Desa Pakraman Tajun serta Prajuru, Kelihan-Kelihan Dadia, Desa Malinggih/Kerta Desa, Jero Mangku Kahyangan Desa, serta Sekaa Truna Eka Giri Kusuma, acara pembukaan pasraman remaja berjalan lancar dan mendapat dukungan dari peserta paruman.

Pasraman Rejama tahun ini secara khusus bentuk kegiatannya berupa pelatihan tabuh gong kebyar remaja.  Kelihan Sekaa Truna Eka Giri Kusuma, Gede Mery, mengucapakan terima kasih kepada Kelihan Desa Pakraman atas kepercayaan yang diberikan kepada sekaa truna untuk melaksanakan kegiatan Pasraman Remaja. Mengingat pasraman ini berkontribusi langsung terhadap salah satu program, yaitu seksi bidang kesenian, yang merupakan salah satu bagian 'pasayahan' di struktur sekaa truna. Gede Mery menambahkan bahwa sebelum pasraman ini dibuka tadi di Pura Dalem Dasar, sekaa gong sudah terbentuk namun belum diresmikan. Latihan pun sudah dilakukan dua (2) kali di Wantilan Desa Pakraman Tajun dan sudah dua kali tampil ngayah, yaitu saat hari raya Kuningan dan Purnama Kasa yang lalu.

Dengan minat dan semangat yang tinggi dari sekaa truna dalam berkesenian maka program pasraman ini sangat tepat untuk mengembangkan kemampuan sekaa gong remaa Desa Pakraman Tajun. "Dengan adanya pasraman, maka akan semakin memantapkan program sekaa truna juga keberlangsungan pelestarian adat dan budaya terutama dari para pemuda", papar Ketut Budiarta, Sekretaris Sekaa Truna Eka Giri Kusuma yang sekaligus sebagai Penyuluh Agama Hindu Desa Tajun.

Perlu diketahui bahwa anggaran Pasraman Remaja tahun ini bersumber dari dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Provinsi Bali. Sesuai dengan RAB, jumlah anggarannya adah Rp 10.000.000,-.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar