Sambil Urus Administrasi, Warga Manfaatkan Perpustakaan Desa

25 Juli 2018 14:28:23 WITA

Perpustakaan Desa Tajun terdiri atas beberapa jenis buku, seperti karya umum,. filsafat, ilmu sosial, bahasa, ilmu murni, dan ilmu terapan. Jumlah koleksi buku mencapai ratusan eksemplar. Tahun ini Pemerintah Desa Tajun telah menambah koleksi buku bacaan untuk anak-anak. Warga dapat membaca berbagai buku untuk menambah wawasan ketika jam kantor atau saat sedang menunggu urusan administrasi selesai.

Hal ini dilakukan oleh salah satu warga Banjar Dinas Bayad ketika mengurus administrasi proposal bantuan untuk Dadia Pasek Gelgel Dangin Margi. “Perpustakaan Desa sangat bagus untuk menambah wawasan,” kata Kadek Eka Putra. Ia pun menyarankan agar koleksi buku bisa ditambah khususnya buku tentang sejarah desa. “Perlu ada buku sejarah desa. Generasi muda kan belum tahu tentang sejarah desa,” ungkapnya. Menurutnya perlu juga menambah meja agar warga lebih nyaman ketika membaca.

Keberadaan Perpustakaan Desa memang sangat penting apalagi Pemerintah saat ini sedang menggalakkan gerakan literasi nasional. Gerakan literasi adalah usaha Pemerintah untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia. Hal ini didasari oleh hasil penelitian yang menunjukkan kemampuan literasi masyarakat Indnesia masih rendah. Perpustakaan Desa Tajun merupakan salah satu bentuk program untuk mewujudkan tujuan tersebut.

Realitanya masyarakat jarang sekali memanfaatkan Perpustakaan Desa. Walaupun media sosial/digital telah menyediakan berbagai ragam berita, buku tetaplah menjadi salah satu sarana untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Budaya baca perlu ditumbuhkembangan karena ilmu pengetahuan terus berkembang sejalan dengan perubahan zaman.

Komentar atas Sambil Urus Administrasi, Warga Manfaatkan Perpustakaan Desa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar