Pendampingan Penumbuhan Rumah Pangan Lestari (PRPL): Tajun Peroleh Bantuan 2580 Bibit

03 Agustus 2018 17:19:22 WITA

Bertempat di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Desa Tajun, Tim Pedampingan Penumbuhan Rumah Pangan Lestari (PRPL) Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Buleleng, mencontohkan pencampuran tanah dan pupuk ke polibeg, Jumat (03/08/18) pagi tadi. Perbekel Tajun dan Perangkat Desa, Ketua PKK dan anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) hadir langsung mengikuti pendampingan. Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Penyuluh Pertanian Desa Tajun dan Mengening dari BPP Kecamatan Kubutambahan, Wayan Terusana.

Dijelaskan oleh Tim Pendampingan PRPL bahwa secara teoretis komposisi campuran adalah 1:1. Artinya, satu ember tanah dicampur dengan satu ember pupuk organik. Oleh karena bantuan pupuk sedikit, maka penerima bantuan, yaitu anggota KWT harus berswadaya. Dijelaskan tadi pupuk organik bisa menggunakan pupuk kandang. Alternatif lain adalah menggunakan pupuk organik hasil produksi TPST. Setelah ditanami bibit barulah diisi pupuk ponska dengan takaran satu sendok teh.

Setelah acara pendampingan, Ketua PKK Desa Tajun bersama anggota KWT dan Kelihan Banjar Dinas membagikan polibeg yang jumlah totalnya 2580 buah. Masing-masing orang akan memperoleh 20 polibeg yang nantinya akan ditanami empat (4) jenis bibit, yaitu cabai besar, cabai kecil, terung, dan tomat.

Mengenai bibit, Dinas Ketahanan Pangan segera akan menyalurkan bibit setelah semua penerima bantuan mendapatkan polibeg dan sudah siap untuk ditanami. "Nanti kami segera kirim jika semua polibeg sudah diterima oleh anggota KWT," kata salah satu anggota Tim Pendampingan.

Komentar atas Pendampingan Penumbuhan Rumah Pangan Lestari (PRPL): Tajun Peroleh Bantuan 2580 Bibit

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar