Pemerintah Desa Tampak Siring Belajar Tata Kelola BUMDes di Desa Tajun

04 Agustus 2018 13:17:46 WITA

BUMDesa Mandala Giri Amertha Desa Tajun hari ini (04/08/18) menerima tamu studi lapangan dari Desa Tampak Siring, Gianyar, Bali. Rombongan studi lapangan terdiri atas Perangkat Desa Tampak Siring, LPM, TA, dan anggota BPD. Kunjungannya ke Desa Tajun dalam rangka belajar manajemen pengelolaan BUMDesa.

Perbekel Tajun, Ir. Gede Ardana, yang dalam acara ini sebagai narasumber memberikan motivasi kepada Aparatur Pemerintah Desa Tampak Siring untuk dapat mengelola APBDes sesuai kebutuhan masyarakat. Khusus terkait dengan BUMDes, Ardana menekankan agar bagaimana BUMDes bisa dibangun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Artinya, BUMDes harus mampu memfasilitasi warga untuk kembangkan produk ekonomi kreatif, misalnya melalui pemberian kredit. BUMDes juga harus mampu mengelola potensi-potensi desa. Seperti Pasar Desa, pariwisata, komoditi perkebunan, dan lain sebagainya. Oleh sebab itulah, kajian profil desa sangat penting sebagai acuan dalam membangun desa.

Setelah mendengarkan pemaparan Perbekel Tajun, rombongan studi lapangan meninjau langsung gedung BUMDesa Mandala Giri Amertha Desa Tajun serta Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) sebagai salah satu unit layanan BUMDesa Tajun.

Desa Tampak Siring merupakan rombongan studi lapangan yang kedua berkujung ke Desa Tajun pada bulan Agustus ini. Dua hari yang lalu Kepala Desa se-Kabupaten Halmahera Timur juga melakukan studi banding di Desa Tajun. Semoga studi banding ini dapat memberikan dampak yang positif sehingga desa-desa di Indonesia dapat berkembang lebih baik lagi dalam mensejahterakan warganya.

 

Komentar atas Pemerintah Desa Tampak Siring Belajar Tata Kelola BUMDes di Desa Tajun

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar