Dampak Gempa di Desa Tajun: Rusak Bangunan Warga dan Pura, Kerugian Ditaksir Capai Rp 500 Juta

06 Agustus 2018 13:08:23 WITA

Gempa tektonik berkekuatan 7.0 SR yang berpusat di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 15 km, Minggu (05/08/18) kemarin malam berdampak cukup signifikan bagi warga Desa Tajun. Gempa yang berdasarkan catatan BMKG terjadi pada pukul 19.46.35 wita menyebabkan beberapa kerusakan pada bangunan atau rumah warga dan pura di Desa Tajun.

Sampai berita ini diunggah total ada 31 laporan kerusakan yang diakibatkan oleh gempa Lombok kemarin malam. Semua kerusakan tersebut tersebar di enam (6) Banjar Dinas di Desa Tajun. Jika diklasifikasikan ada dua jenis objek yang terdampak gempa, yaitu bangunan warga dan pura.

Di Banjar Dinas Pudeh gempa mengakibatkan tiang listrik roboh menimpa tembok penyengker dan sanggah miliki Kadek Widiasa. Dapurnya pun tampak retak oleh guncangan gempa.  Warga yang lain mengalami kerusakan pada tembok bangunan, dapur, dan atap rumah. Kerusakan bangunan dapur dialami oleh Kadek Linggayasa (BD Pudeh), Ketut Sutapa (BD Batu Ngadeg), dan Nengah Winarsa (BD Tampullawang). Sementara itu, warga atas nama Jero Made Wardana dan Ketut Wisana Putra mengalami kerusakan pada atap rumahnya. Bangunan milik I Made Arnaja juga tampak mengalami beberapa kerusakan pada atap serta beberapa interiornya.

Kerusakan dengan nilai kerugian yang cukup besar adalah pada Pura Desa Pakraman dan Pura Subak Abian. Di Desa Pakraman Tajun gempa merusak candi di Pura Bale Agung, Pura Puseh, dan Pura Dalem. Termasuk juga merusak plang papan nama Setra (kuburan). Total kerugiannya ditaksir mencapai Rp 50 juta. Gempa juga merusak candi Pura Subak Abian Bukit Pudeh serta bangunan Pura Subak Abian Bukit Buahan dengan masing-masing total kerugian ditaksir Rp 50 juta. Kerusakan bangunan pura yang parah terjadi di Desa Pakraman Bayad. Gempa merusak Candi Pura Puseh Desa Pakraman Bayad dengan taksiran kerugian mencapai Rp 250 juta. Gempa juga merusak beberapa pelinggih pura dadia dan pelinggih Sanggah Pakurenan warga.

Jumlah total estimasi kerugian akibat gempa di Desa Tajun adalah Rp 547.500.000,-. Detail kerusakan yang diakibatkan oleh gempa Lombok bisa diunduh pada di bawah ini.

 

 

 

Dokumen Lampiran : Dampak Gempa 7.0 SR di Desa Tajun: Rusak Bangunan dan Pura, Kerugian Ditaksir Capai Rp 500 Juta


Komentar atas Dampak Gempa di Desa Tajun: Rusak Bangunan Warga dan Pura, Kerugian Ditaksir Capai Rp 500 Juta

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar