Sosialisasi Bansos Rastra: Jumlah KPM Tajun Tetap, Verivali Data Diharapkan Selesai Bulan Ini

04 Oktober 2018 13:19:59 WITA

Bertempat di Wantilan Praja Winangun Kantor Bupati Buleleng diselenggarakan Sosialisasi Bansos Rastra 2018 oleh bagian Ekbang Setda Kabupaten Buleleng. Hadir dalam sosialisasi ini adalah perwakilan dari Dinas Sosial, Bulog, staf kecamatan se-Kabupaten Buleleng, serta Perangkat Desa/Kelurahan se-Kabupaten Buleleng yang membidangi Rastra.

Berikut ini adalah beberapa hal penting hasil sosialiasi.

  1. Perubahan data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Rastra Kabupaten Buleleng September 2018 mengalami selisih minus 964 KPM tersebar di 9 kecamatan pada 148 desa/kelurahan. Disampaikan oleh narasumbe dari bagian Ekbang Kabupaten Buleleng, perubahan data tersebut berdasarkan hasil verivikasi yang dilakukan bulan Mei 2018. Untuk diketahui bahwa verivikasi dan validasi KPM di Desa Tajun dilakukan oleh Pendamping PKH mengacu pada data yang diberikan oleh Kelihan Banjar Dinas.
  2. Data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Rastra Kec. Kubutambahan Januari- Agustus 2018 berjumlah 4.672. Setelah perubahan per September 2018 menjadi 4.590. Terjadi pengurangan sebanyak 82.
  3. Untuk Desa Tajun tidak ada perubahan data, KPM Rastra tetap berjumlah 163.
  4. Data KPM tersebut bisa di-verivali (verivikasi dan validasi); KPM yang sudah mampu/meninggal dikeluarkan, diganti dengan KPM baru yang termasuk Basis Data Terpadu (BDT)/keluarga tidak mampu. Namun, tidak boleh melebih jumlah 163 tersebut. Verivali harus dilakukan maksimal sampai akhir bulan Oktober ini. Verivali disertai dengan Musdes kemudian diinput di aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Next Generation (SIKS-NG).

Dinas Sosial Kabupaten Buleleng berharap bagi desa yang akan melakukan verivali terhadap data KPM agar paling lambat melakukan verivali sampai akhir bulan ini. Untuk mempercepat proses dan meminimaliasi kesalahan desa atau perangkat desa yang membidangi agar intens berkoordinasi dengan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan operator Dinas Sosial.

Komentar atas Sosialisasi Bansos Rastra: Jumlah KPM Tajun Tetap, Verivali Data Diharapkan Selesai Bulan Ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar