Perbekel Tajun Raih Penghargaan Tokoh Inspiratif Perintis BUMDesa dari Kemendes PDTT

26 Oktober 2018 20:37:29 WITA

Perbekel Tajun, Ir. Gede Ardana, raih penghargaan tingkat nasional dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), pada acara Desa Membangun Indonesia Bali di Krisna Adventures, Kamis (25/10) kemarin. Kementerian Desa PDTT memberikan apresiasi kepada Perbekel Ardana sebagai Tokoh Inspiratif Perintis BUMDesa.

Sebagaimana diketahui bahwa Perbekel Ardana mendirikan BUMDesa Mandala Giri Amertha Desa Tajun tanggal 20 November 2010 yang mana UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa belum ada. Selain itu, sampai saat ini 800-an instansi/lembaga sudah pernah studi banding di BUMDesa Tajun. Tamu studi banding yang berkunjung ke Desa Tajun tidak hanya berasal dari Bali maupun luar Bali, tetapi juga dari luar negeri. Artinya, BUMDesa Tajun sudah menjadi objek studi banding berskala internasional.

Maret 2018, Falli Karma Sahayak Foundation Bangladesh, lakukan studi banding di BUMDesa Tajun. Akhir Oktober ini, Perbekel Tajun kembali menerima rombongan studi banding yang kali ini dari Ethiopia. Rencananya tanggal 30 Oktober 2018, 22 officials dari Asosiasi LKM di Ethiopia (AEMFI) akan berkunjung ke BUMDesa Tajun untuk mendapatkan informasi dan penjelasan secara langsung mengenai pengembangan, regulasi, dan supervisi LKM serta praktik terbaik keuangan mikro di Indonesia.

Perbekel Ardana berharap penghargaan ini dapat menjadi inpirasi bagi desa-desa yang lain untuk membangun dan mengembangkan BUMDes. “Tujuan utamanya adalah agar bisa memberikan inspirasi kepada desa-desa lain untuk melakukan langkah-langkah yang konkrit di dalam membangun atau mendirikan BUMDes yang sehat, kuat, terus bertumbuh, dan berkembang,” ungkapnya ketika dikonfirmasi Jumat (26/10) di Kantor Perbekel Desa Tajun.

Apresiasi dari Kemendes PDDT ini tidak hanya menjadi inspirasi bagi desa lain, tetapi juga menjadi motivasi tersendiri bagi Perbekel Ardana untuk membangun Desa Tajun lebih baik lagi. “Penghargaan ini memberikan motivasi kepada saya untuk bisa berbuat lebih banyak lagi dalam rangka memngembangkan BUMDesa khususnya BUMDesa Tajun agar tumbuh dan berkembang lebih cepat, lebih kuat, dan lebih sehat sehingga BUMDes Desa Tajun ini bisa memberikan kontribusi di dalam peningkatan ekonomi desa menuju masyarakat yang lebih sejahtera dengan konsep pembangunan ekonomi yang merata,” katanya.

Komentar atas Perbekel Tajun Raih Penghargaan Tokoh Inspiratif Perintis BUMDesa dari Kemendes PDTT

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar