Pelatihan Asuhan Mandiri Pemanfaatan Toga dan Akupresur Bagi Kader Kesehatan Desa Tajun

27 Oktober 2018 09:58:41 WITA

Dalam rangka menindaklanjuti arahan pemerintah agar masyarakat meningkatkan perawatan kesehatan mandiri melalui pemanfaatan tanaman obat keluarga (Toga) dan keterampilan, maka perlu terlebih dahulu diadakan pelatihan atau pembinaan terhadap kader-kader kesehatan di desa. Jumat (26/10) kemarin di Ruang Rapat Kantor Desa Tajun, Fasilitator Puskesmas Kubutambahan II melaksanakan kegiatan Pelatihan Asuhan Mandiri Pemanfaatan Toga dan Akupresur kepada Kader Posyandu atau Kader Kesehatan Desa Tajun.

“Tujuannya bagaimana kita memberdayakan masyarakat untuk hidup sehat melalui pemanfaatan toga dan akupresur,” jelas Luh Rasina Dewi, Bidan Pelaksana Lanjutan, Puskesmas Kubutambahan II.

Untuk mensosialisasikannya di masyarakat, maka perlu peran aktif Kader Kesehatan. “Kita sentuh dulu kader kesehatannya, berharap bisa mengetoktularkan nanti kepada masyarakat. Kita berdayakan masyarakat meningkatkan kesehatan melalui pemanfataan toga disekitar kita dan akupresur,” ungkapnya.

Pelatihan pemanfaatan toga dan akupresur merupakan salah satu upaya Puseksmas mewujudkan Rencana Strategis (Renstra) Kemenkes 2015-2019 tentang pelayanan kesehatan tradisional. Pemerintah pun berharap masyarakat dapat memanfaatkan tanaman tradisonal untuk mengatasi gangguan kesehatan mandiri, keluarga, maupun kelompok masyarakat.

Komentar atas Pelatihan Asuhan Mandiri Pemanfaatan Toga dan Akupresur Bagi Kader Kesehatan Desa Tajun

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar