Sosialisasi Disdukcapil: Warga Dihimbau Tertib Administrasi Kependudukan

13 November 2018 12:58:23 WITA

Dalam rangka mewujudakan program Gerakan Indoesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) yang merupakan Instruksi Menteri Dalam Negeri, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bueleleng melakukan sosialisasi Administrasi Kependudukan di Desa Tajun, (13/11). Hadir sebagai narasumber, yaitu Drs. Gusti Ayu Prayatni, M.Ap., sebagai Kabid Pencapil, Ida Bagus Baruna, S.Sos., Kabid Pengelolaan Informasi Adminstrasi Kependudukan, dan Ida Ayu Nyoman Ngurah Kasi Tata Kelola. Sebagai peserta sosialiasi adalah Perangkat Desa Tajun, Ketua BPD beserta anggota, anggota Sekaa Truna Eka Giri Kusuma, dan tokoh masyarakat Desa Tajun, dan Bhabinkamtibmas Desa Tajun.

Dalam paparannya Ida Bagus Baruna menyampaikan bahwa data kependudukan tidak boleh dipalsukan sebab jika itu dilakukan maka akan dikenai sanksi denda dan kurungan. Untuk memastikan kebenaran data, maka ia juga menghimbau agar prinsip kehati-hatian dan kecermatan dikedepankan dalam penulisan nama dan tanggal lahir. Sesuai dengan peraturan saat ini, perbaikan nama dan tanggal lahir harus melampirkan putusan pengadilan.

Oleh karena pentingnya Administrasi Kependudukan, seperti KK dan KTP, misalnya sebagai syarat menerima bantuan dan melengkapi urusan lainnya, dihimbau kepada warga yang sudah sah secara adat harus segera mengurus Administrasi Kependudukan.

Untuk warga yang mengalami disabilitas, Ida Bagus Baruna menyarankan agar Pemerintah Desa melakukan pendataan kemudian dilaporkan ke Disdukcapil. Terkait dengan permasalahan KK yang tidak aktif, disarankan agar warga melapor ke Disdukcapil dengan membawa fotokopi KK.

Komentar atas Sosialisasi Disdukcapil: Warga Dihimbau Tertib Administrasi Kependudukan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar