Sosialisasi Smart Desa: Pemanfaatan Teknologi untuk Tingkatkan Pelayanan dan Kesejahteraan Warga

25 November 2018 06:02:01 WITA

Bertempat di Gedung BUMDesa Mandala Giri Amertha Desa Tajun, Tim IT Smart Desa melakukan sosialisasi Smart Desa kepada Aparatur Pemerintah Desa Tajun, Jumat (23/11). Hadir dalam kegiatan ini adalah anggota DPR RI, Gde Sumarjaya Linggih, S.E., M.AP., yang memfasilitasi kegiatan ini, I Gede Bawana, S.Ag., M.Fil.H., Perbekel Desa Duda Timur Selat Karangasem, dan salah satu Tim IT Smart Desa.

Dalam paparan singkatnya, Gde Sumarjaya Linggih yang akrab disapa De Mer, menyampaikan bahwa sosialisasi ini bertujuan agar Pemerintah Desa Tajun dapat meningkatkan pelayanan kepada warga dengan memanfaatkan kemajuan teknologi melalui aplikasi Smart Desa. Di era industri 4.0, Pemerintah Desa diharapkan dapat melakukan pelayanan berbasis digital untuk mengefektifkan dan mengefesienkan kerja.

Ada enam (6) fokus aplikasi Smart Desa, yaitu komunikasi, layanan masyarakat, data warga, perijinan,  kejadian dan kegiatan, serta daya beli warga. Dengan aplikasi Smart Desa dapat dengan mudah untuk melakukan komunikasi serta pelayanan lainnya kepada warga. Seperti, surat-surat dan administrasi kependudukan. Sebagai contoh, warga desa tidak perlu lagi menunggu lama Perbekel yang ada tugas keluar untuk mendapatkan tanda tangan. Tanda tangan Perbekel atau Kades dapat dilakukan dengan barcode yang memiliki legalitas yang sama.

Aplikasi Smart Desa juga menyediakan fitur-fitur, seperti profil desa, data warga, data perekonomian, serta segala kegiatan atau kejadian di desa dapat diakses dengan mudah. Masih banyak lagi manfaat dan kemudahan dengan aplikasi Smart Desa.

Untuk mewujudkannya tentu dibutuhkan beberapa komponen, seperti biaya untuk software, jaringan, serta sumber daya manusia yang khusus untuk mengelola aplikasi Smart Desa. Semoga ke depan Desa Tajun lebih maju lagi tidak hanya dari segi BUMDes tetapi juga pelayanannya kepada warga desa.

Komentar atas Sosialisasi Smart Desa: Pemanfaatan Teknologi untuk Tingkatkan Pelayanan dan Kesejahteraan Warga

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar