Lengkapi Data SIMPD, PPD Dinsos Tentukan Titik Koordinat Penyandang Disabilitas

06 Februari 2019 10:15:32 WITA

Pendamping Penyandang Disabilitas (PPD) Dinas Sosial Kabupaten Buleleng, I Nyoman Karismawan, beserta staf Dinas Sosial, Gede Hendra Gunawan, Senin (4/2) siang, melaksanakan survei terhadap penyandang disabilitas Desa Tajun. Survei didampingi langsung oleh Kelihan Banjar Dinas Pasek, Tampul Lawang, Bayad, Bakungan, dan Kasi Kesra Desa Tajun.

Survei ini bertujuan menentukan titik koordinat penyandang disabilitas untuk melengkapi data Sistem Informasi Penyandang Disabilitas Kementerian Sosial RI. Nyoman Karismawan menyatakan bahwa penentuan titik koordinat ini sebagai prasyarat untuk mencetak kartu penyandang disabilitas kemudian akan dilanjutkan dengan penentuan bantuan. Untuk jenis bantuan yang akan diberikan oleh Kemensos belum bisa dipastikan.

Berdasarkan data dari Kemensos RI, ada 8 orang penyandang disabilitas Desa Tajun yang disurvei, yaitu Komang Suarjana (B.D. Pasek), Made Wisna (B.D. Pasek), Komang Suardana (B.D. Pasek), Gede Suardika (B.D. Pudeh), I Nengah Winarsa (B.D. Tampul Lawang), Gede Suparta (B.D. Bakungan), Kadek Sadia (B.D. Bakungan), Wayan Mudarasa (B.D. Bayad), dan Ketut Siang (B.D. Bayad).

Data dari Kemensos ini jauh dari harapan sebab Pemdes Tajun mengusulkan 54 orang penyandang disabilitas (terlampir) untuk mendapat program bantuan sosial Kemensos. “Ya kami memungusulkan sejumlah itu tapi data yang keluar hanya 8 padahal ada penyandang disabilitas berat yang seharusnya menjadi prioritas,” jelas Kasi Kesra Desa Tajun, Komang Sujana, S.Pd., M.Pd, dikonfirmasi terpisah (6/2). Ia pun berharap Dinas Sosial melalui PPD bisa memfasilitasi agar warga disabilitas Desa Tajun bisa terdaftar di Sistem Informasi Penyandanga Disabilitas.

Terkait dengan hal ini Nyoman Karismawan menyampaikan bahwa penyandang disabilitas yang tidak keluar datanya tersebut akan coba diusulkan kembali. “Nanti diusulkan kembali,” jelas Nyoman Karismawan.

Dokumen Lampiran : Lengkapi Data SIMPD, PPD Dinsos Tentukan Koordinat Penyandang Disabilitas


Komentar atas Lengkapi Data SIMPD, PPD Dinsos Tentukan Titik Koordinat Penyandang Disabilitas

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar