Serahkan Bantuan Dana Ogoh-ogoh; Perbekel dan Kelihan Desa Pakraman Tajun Ingatkan Hal Ini

Komang Sujana 04 Maret 2019 12:55:29 WITA

Pemerintah Desa Tajun hari ini, Senin (4/3) menyerahkan bantuan dana kreativitas ogoh-ogoh kepada Sekaa Truna atau Kelompok Muda-mudi di Wilayah Desa Tajun. Bantauan diserahkan langsung oleh Perbekel Tajun, Ir. Gede Ardana, kepada 11 Sekaa Truna yang mengajukan proposal permohonan dana, yaitu Gabungan Anak Desa, Sekaa Truna Dadia Taman Sari, Teruna Batu Rimpi, Sekaa Truna Bakungan,Sekaa Truna Dadia Pasek Selulung, Kelompok Remaja Padang Asah, Sekaa Truna Tanah Barak, Sekaa Truna Santi Budi Darma, Sekaa Truna Tunggal Purusha, Remaja Lingkungan Taman Suci, dan Sekaa Truna Pasek Celagi. Jumlah bantuan per Sekaa Truna adalah Rp 400.000.

Perbekel Ardana menyampaikan bahwa ogoh-ogoh mengandung nilai seni atau kreativitas dan hiburan. Oleh sebab itu, jangan sampai ada gesekan agar tujuan menghibur masyarakat tercapai. “Jaga ketertiban, keamanan, sehingga selama proses pengarakan ogoh-ogoh tidak mencederai nama baik Desa Tajun,” ungkapnya.

Perbekel Tajun juga mengungkapkan bahwa ke depan Sekaa Truna di Desa Tajun harus memiliki daya kreativitas sendiri dalam membuat ogoh-ogoh. “Tahun depan jangan sampai membeli agar uang tidak lari ke luar desa. Tahun depan Pemdes tidak akan memberikan dana bagi Sekaa Truna yang membeli ogoh-ogoh.” katanya. Perbekel Ardana juga kembali mengingatkan agar mulai mengurangi penggunaan plastik termasuk dalam pembuataan ogoh-ogoh ke depannya. “Kita harus bantu Pemerintah untuk mengurangi sampah plastik dalam kehidupan sehari-hari karena plastik sudah mengancam kehidupan kita,” pesannya.

Dalam kesempatan ini Kelihan Desa Pakraman Tajun, Made Sumarka, yang telah memberikan bantuan dana kepada beberapa Sekaa Truna sejak seminggu yang lalu menghimbau peda seluruh komponen yang terlibat dalam pengarakan ogoh-ogoh tanggal 6 Maret 2019 agar jangan menggunakan atribut partai, tidak dalam kondisi mabuk agar tidak memicu keributan, serta tidak mengganggu atau menodai perayaan Nyepi khususnya bagi yang melakukan Catur Brata Penyepian.

Pada acara ini juga telah dilakukan nomor undian pengarakan ogoh-ogoh, yaitu sebagai berikut.

  1. Sekaa Truna Lembu
  2. Bakungan
  3. Sekaa Truna Tanah Barak (Pecik)
  4. Arek-arek Gang Bincul
  5. Dadia Taman Sari
  6. Sekaa Truna Santi Budi Darma (Sampalan)
  7. Gabungan Anak Desa
  8. Realitas Taman Suci
  9. Arevas
  10. Tabari
  11. Sekaa Truna Dadia Arya
  12. Tunggal Purusha Puseh
  13. Dadia Pasek Selulung
  14. Sekaa Truna Pasek Celagi
  15. Sekaa Truna Pura Jati
  16. SMRKT

Perlu dicatat bahwa sesuai dengan kesepakatan bahwa pengarakan ogoh-ogoh tanggal 6 Maret 2019 mulai persiapan pukul 16.00 wita di depan Griya Pana Sangkya Muni.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar