Diselenggarakan Akhir Oktober, Ini Beberapa Tahapan Penting Pilkel Serentak 2019

08 Mei 2019 10:25:23 WITA

Panitia Pemilihan Perbekel Serentak Kabupaten Buleleng Tahun 2019 telah mensosialisasikan tahapan pelaksanaan Pemilihan Perbekel serentak, Senin (29/4) di Gedung Laksmi Graha. Dalam acara yang dihadiri oleh semua Ketua Panitia Pilkel se-Kabupaten Buleleng ini, I Made Subur, Ketua Panitia Pemilihan Perbekel Serentak Kabupaten Buleleng Tahun 2019 yang juga Kepala Dinas PMD Kabupaten Buleleng meminta kepada panitia pemilihan Perbekel agar bekerja serius dan penuh kosentrasi. Diperlukan komitmen, komunikasi, koordinasi, keterbukaan, dan kebersamaan panitia untuk bisa mensukseskan Pemilihan Perbekel.

Dalam jadwal tahapan pelaksanaan yang sudah disosialisasikan, ada beberapa tahapan penting yang perlu dicermati oleh Panitia dan warga masyarakat. Mulai bulan Mei Panitia Pemilihan Perbekel harus menyusun Daftar Pemilih Sementara (DPS) dengan mengacu pada DPT Pemilu terakhir. Pada tanggal 25-28 Mei, Panitia harus sudah mengumumkan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Untuk tahapan pengumuman dan pendaftaran bakal calon Perbekel juga dilaksanakan pada bulan Mei, yaitu tanggal 16-25 Mei atau selama 9 hari. Penetapan calon Perbekel minimal 2 (dua) orang dan maksimal 5 (lima) orang, dan pengambilan nomor urut (tahap 1a) dilaksanakan tanggal 22-25 Juni.

Perlu diketahui jika calon Perbekel kurang dari 2 orang maka diadakan perpanjangan pengumuman dan pendaftaran dari tanggal 12-13 Agustus. Penetapan calon hasil seleksi tambahan dan pengambilan nomor urut (tahap II) diselenggarakan tanggal 14 Agustus. Calon Perbekel diberikan waktu kampanye selama 3 hari, yaitu tanggal 23-25 Oktober.

Pemungutan dan penghitungan suara di TPS direncanakan antara tanggal 29, 30, atau 31 Oktober. Rekapitulasi penghitungan suara di tingkat desa dan penetapan calon terpilih tanggal 30 Oktober. Sementara itu, pelantikan Perbekel terpilih rencananya akan diselenggarakan tanggal 20-30 Desember.

Jadwal tahapan Pemilihan Perbekel Seretak Kabupaten Buleleng tahun 2019 dapat dicermati pada lampiran di bawah.

Dokumen Lampiran : Diselenggarakan Akhir Oktober, Ini Beberapa Tahapan Penting Pilkel Serentak 2019


Komentar atas Diselenggarakan Akhir Oktober, Ini Beberapa Tahapan Penting Pilkel Serentak 2019

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar