Pelatihan KKM dan Satlak Program PAMSIMAS III Kabupaten Buleleng  

Admin 18 Juli 2019 20:21:58 WITA

 

District Coordinator (DC) Kabupaten Buleleng Tri Manto, S.T., bersama Nunung Afrida, S.T., Fasilitator Senior Kabupaten Buleleng, dan I Gede Muliawan, S.Pd., Tenaga Fasilitator Masyarakat memberikan pelatihan kepada Keswadayaan Masyarakat (KKM) dan Satuan Pelaksana (Satlak) Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di Ruang Rapat Kantor BUMDesa Tajun, Kamis (18/7).

Perbekel Tajun Ir. Gede Ardana yang turut hadir dalam kegiatan ini meminta KKM dan Satlak mengikuti segala pedoman PAMSIMAS dalam pelaksanaan kegiatan di lapangan, tata kelola keuangan, dan penyusunan administrasi pendukung lainnya. Perbekel Ardana menekankan agar RAB segera disinkronisasikan dengan satuan harga kabupaten. Intinya pelaksanaan program PAMSIMAS di Desa Tajun jangan sampai ada masalah.

Sementara itu, Tri Manto dalam paparannya menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan agar KKM dan Satlak dalam pelaksanaan kegiatan memenuhi standar teknis program PAMSIMAS mulai dari perencanaan (RAB), pelaksanaan kegiatan (pemasangan pipa, dan lain-lain), serta pelaporan (administrasi).

Perlu diketahui bahwa Desa Tajun tahun ini mendapatkan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) III Kabupaten Buleleng yang anggarannya bersumber dari APBN (Dana Desa), APBD, dan kontribusi masyarakat (in cash dan in kind). Bantuan Keuangan Khusus APBD Buleleng berjumlah Rp 233.900.000, Dana Desa Rp 33.400.000, in cash 13.400.000, in kind Rp 53.500.000.

Adapun pekerjaan yang akan dilaksanakan pada program PAMSIMAS ini, yaitu pembuatan bak reservoir, pengadaan jaringan pipa 3” sepanjang 2.000 m, pengadaan jaringan pipa 2” sepanjang 570 m, dan sarana cuci tangan 6 unit. 

Komentar atas Pelatihan KKM dan Satlak Program PAMSIMAS III Kabupaten Buleleng  

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar