Posyandu Penting untuk Cegah Stunting

Admin 16 November 2020 19:28:05 WITA

Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Balita untuk bulan November telah dilaksanakan sebanyak dua kali yaitu di Kantor Perbekel Tajun tanggal 14 November dan tadi pagi tanggal 16 November di Balai Kelompok Tani Banjar Dinas Bakungan atau Posyandu Anggrek. Pada Posyandu yang dilaksanakan di Kantor Perbekel Tajun dihadiri oleh 17 Batita dan Balita, sedangkan tadi di Posyandu Anggrek dihadiri oleh 25 anak.

Seperti biasanya pelayanan kesehatan yang diperoleh pada Posyandu, yaitu imunisasi meliputi imunisasi IPV, JE, POLIO, dan BCG sesuai dengan kebutuhan anak, ukur tinggi badan, timbang berat badan, serta pemberian makanan tambahan (PMT). Tujuannya secara umum untuk memastikan anak tumbuh sehat baik sehat secara fisik maupun mental dalam artian pertumbuhan dan perkembangan anak sesuai dengan tahapan umurnya.

Apakah dampak yang ditimbulkan jika kesehatan anak tidak diurus sejak dini? Dampaknya pertumbuhan anak terganggu atau istilah sekarang lazim disebut ‘stunting’.

Gagal tumbuh atau ‘stunting’ merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak akibat kekurangan gizi. Efeknya perawakan anak lebih pendek dan menyebabkan keterlambatan berpikir. Dampak jangka panjangnya dapat menyebabkan kesehatan repodruksi menurun, kapasitas belajar tidak optimal saat masa sekolah, produktivitas dan kapasitas kerja tidak optimal saat dewasa.

Di sinilah peran penting Posyandu untuk mencegah anak dari ‘stunting’. Imunisasi yang diperoleh untuk meningkatkan imun atau daya tahan tubuh anak. Pemberian makanan tambahan bertujuan memberikan tambahan gizi pada anak. Ukur tinggi badan dan timbang berat badan bertujuan mengetahui pertumbuhan pada anak.

Maka dari itu sangatlah penting bagi ibu-ibu yang memiliki batita dan balita agar aktif datang ke Posyandu. Pelayanan dilakukan oleh Petugas Kesehatan dan tentunya tidak dikenakan biaya atau gratis atas pelayanan yang diperoleh.

Jadwal Posyandu selanjutnya tanggal 21 November di Banjar Dinas Pudeh dan tanggal 23 November di Banjar Dinas Bayad. Ayo datang ke Posyandu! Anak Sehat, Cerdas, dan Kuat.

 

 

Komentar atas Posyandu Penting untuk Cegah Stunting

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar