Cengkeh sebagai Komoditas Desa Tajun

Admin 06 Maret 2018 13:59:37 WITA

Tajun merupakan salah satu desa/wilayah penghasil cengkeh terbaik di Indonesia. Nilai jual cengkeh mengalahkan nilai ekonomi kopi, kelapa, dan hasil pertanian/perkebunan  lainnya. Ini menjadikan cengkeh sebagai komoditas terbaik Desa Tajun.

Dengan aromanya yang khas dan kadar minyak yang bagus, Cengkeh (cloves) Tajun merupakan komoditas terbaik untuk bahan bumbu masakan dan bahan utama rokok kretek di Indonesia.

Luas wilayah Desa Tajun 1964 ha dan sekitar 75% wilayahnya merupakan perkebunan cengkeh. Didukung oleh topografi Desa Tajun dengan  ketinggian 400-1000 di atas permukaan laut, dengan iklim yang mendukung yaitu curah hujan yang cukup merata, serta suhu 22-30°C menjadikan wilayah Desa Tajun sangat cocok ditanami cengkeh. Varietas cengkeh di Tajun, seperti Cengkeh Blitar, Sikotok, dan Zanzibar. Tanaman cengkeh akan berbuah dan panen raya 1:2 yang artinya jika satu musim telah panen raya, maka tahun berikutnya tidak berbuah dengan baik.  Produksi cengkeh Desa Tajun pada saat panen raya rata-rata 1000 ton.

Komentar atas Cengkeh sebagai Komoditas Desa Tajun

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar