Percepatan Pelaksanaan APBDes 2019, Tajun Genjot Realisasi Dana Desa

Admin 14 Mei 2019 12:20:35 WITA

Sehubungan dengan telah ditransfernya Dana Desa Tahap I dan Tahap II ke Rekening Kas Desa Tajun, Pemerintah Desa Tajun telah melakukan beberapa kegiatan sebagai bentuk dari realisasi Dana Desa tersebut sesuai dengan RKPDes 2019.

Dana Desa Tahap I telah direalisasikan untuk kegiatan Betonisasi Jalan di Banjar Dinas Bayad sepanjang 598 m. Kegiatan ini telah terlaksana 100% dengan sisa anggaran sebesar Rp 34.938.260 dari total anggaran Rp 155.600.800.

Dana Desa Tahap II digunakan untuk tiga kegiatan, yaitu (a) penyertaan modal ke BUMDesa Mandala Giri Amertha Desa Tajun senilai Rp 100 juta, (b) Betonisasi di Banjar Dinas Batu Ngadeg, dan (c) Betonisasi di Banjar Dinas Pudeh.

Penyertaan modal untuk penguatan BUMDesa Tajun telah direalisasikan tanggal 2 mei 2019. Sementara itu, untuk Betonisasi Jalan di Banjar Dinas Batu Ngadeg dan Banjar Dinas Pudeh baru tahap pengadaan barang dan jasa.

Sampai berita ini diturunkan penyerapan Dana Desa di Desa Tajun sebesar 35% dari total Dana Desa Tahap I dan Tahap II senilai Rp 583.441.800.

Seperti yang disampaikan oleh Sekretaris Desa Tajun, Kadek Budiadnyana, realisasi Dana Desa di Desa Tajun terus digenjot sehubungan dengan surat himbauan dari Kadis PMD Kabupaten Buleleng tanggal 6 Mei 2019 tentang Percepatan Pelaksanaan APB Desa Tahun 2019 dan Penyusunan Persiapan Perencanaan Tahun 2020.

"Pelaksanaan APBDes 2019 khususnya realisasi Dana Desa terus kami genjot dengan tetap berpedoman pada RKPDes 2019 dan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujarnya.

Oleh karena tahun 2019 banyak kegiatan yang harus dilaksanakan, seperti pemilihan Perbekel, Kadek Budiadnyana menghimbau kepada seluruh Pelaksana Kegiatan agar bekerja lebih baik lagi sesuai dengan prosedur sehingga pelaksanaan APBDes 2019 serta penyusunan perencanaan Tahun 2020 berjalan tepat waktu.

"Dana Desa Tahap III baru bisa disalurkan jika penyerapan Dana Desa Tahap I dan II telah mencapai 75% dan output kegiatannya mencapai 50%. Perangkat Desa khususnya Pelaksana Kegiatan Bidang Pembangunan harus memerhatikan ini sehingga pelaksanaan APBDes 2019 sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dan tidak mengganggu agenda kegiatan yang lain, seperti Penyusunan Perencanaan Tahun 2020," jelasnya.

Sementara itu, Kasi Kesejahteraan Desa Tajun, Komang Sujana, S.Pd., M.Pd., menyampaikan bahwa setidaknya bulan Juli realisasi Dana Desa Tahap I dan II mencapai target yang dipersyaratkan. "Dua kegiatan (betonisasi jalan) sudah diselesaikan. Bulan Juli dipastikan realisasi Dana Desa Tahap I dan II minimal mencapai target tersebut," tandasnya.

Komentar atas Percepatan Pelaksanaan APBDes 2019, Tajun Genjot Realisasi Dana Desa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar