Kegiatan Posyandu Pudeh: Imunisasi, Timbang Bayi, dan Sosialisasi 3M Plus

Admin 23 Mei 2019 11:05:09 WITA

Kegiatan Posyandu Banjar Dinas Pudeh telah diselenggarakan Rabu (22/5) pagi di Balai Kelompok Banjar Dinas Pudeh. Hadir petugas kesehatan yaitu Bidan Desa Tajun Putu Martina, A.Md., PLKB Desa Tajun Dewa Kadek Budiadnyana, Kader Posyandu Banjar Dinas Pudeh, serta warga.

Berdasarkan laporan Bidan Desa, ada 12 orang yang melakukan timbang bayi dan 4 orang Balita yang diimunisasi. Kegiatan Posyandu ini merupakan kegiaran rutin setiap tanggal 22 bulan bersangkutan.


Selain imunisasi dan timbang bayi, kegiatan ini juga digunakan untuk penyegaran Kader Posyandu. Penyegaran tentang administrasi Posyandu serta penyuluhan ke ibu-ibu tentang gerakan 3 M Plus, yaitu  kegiatan menutup, menguras, dan mengubur objek-objek yang mendukung siklus hidup nyamuk.

"Ada kasus demam berdarah sehingga Kader perlu diberikan sosialisasi tentang cara mencegah DB melalui gerakan 3 M Plus, yaitu menguras, menutup, dan mendaur ulang, sementara plusnya menggunakan lotion antinyamuk," jelas Putu Martina.

Dikutip dalam laman Depkes.go.id, yang dimaksud dengan 3M Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti 1) Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan; 2) Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk; 3) Menggunakan kelambu saat tidur; 4) Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk; 5) Menanam tanaman pengusir nyamuk, 6) Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah; 7) Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.

Gerakan 3 M Plus perlu digetoktularkan kepada warga sebagai upaya preventif mencegah penyakit demam berdarah.

Komentar atas Kegiatan Posyandu Pudeh: Imunisasi, Timbang Bayi, dan Sosialisasi 3M Plus

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar