Dinas Pertanian Sosialisasikan Penanggulangan Jamur Akar Putih

Admin 24 Mei 2019 08:36:21 WITA

Dalam rangka pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT) perkebunan, Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng mengadakan pelatihan penanganan OPT dalam hal ini jamur akar putih (JAP) pada komoditas tanaman cengkeh selama dua hari, yaitu tanggal 22 dan 23 Mei 2019. Sasaran pelatihan pada tanggal 22 Mei 2019 adalah Subak Abian Pengubengan, Tanah Barak, Bakung Sari, sedangkan pada tanggal 23 Mei 2019 adalah Subak Abian Batu Ngadeg dan Bukit Pudeh. Masing-masing subak menghadirkan 25 orang anggota subak. Turut hadir Perbekel Tajun Ir. Gede Ardana dan PPL Desa Tajun Gede Ngurah Sani Arimbawa.

Pada hari pertama ada tiga narasumber sebagai pemateri, yaitu Kabid Perkebunan Kab. Buleleng Putu Oka Sastra, S.P.,M.M., Kasi Produksi Putu Wahyu, S.P., dan Penyuluh Pertanian Ketut Sumantia, S.P. Pada hari kedua, hadir narasumber yaitu Ketut Sumantia, S.P. dan Made Mudarka. Ketiga narasumber tersebut secara bergatian menyampaikan cara penanggulangan JAP dan cara mengetahui dan tata letak JAP pada cengkeh. Setelah menyampaikan cara penanggulangan JAP secara teoretis di ruang Rapat Kantor Perbekel Tajun, juga diadakan praktik langsung penanggulangan JAP di lapangan.

Sementara itu, Perbekel Tajun dalam sambutannya menyatakan bahwa dari sekitar 511 ha lahan kebun cengkeh di Desa Tajun, 162 ha di antaranya sudah rusak berat akibat JAP dan 200 ha lebih mengalami rusak ringan. Perbekel Ardana merasa bersyukur karena Dinas Pertanian bisa hadir memberikan sosialisasi penanggulangan JAP. Beliau juga berharap perlu kesadaran masyarakat Desa Tajun untuk bersama-sama peduli dan memperhatikan tanaman cengkeh mengingat Tajun sangat bertumpu pada hasil cengkeh. Ditambahkan juga kalau cengkeh tidak ada, maka perekonomian desa bisa menurun.

Komentar atas Dinas Pertanian Sosialisasikan Penanggulangan Jamur Akar Putih

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar