Pasar Desa Tajun

20 Februari 2018 21:10:01 WITA

Pasar Desa Tajun adalah tempat transaksi perdagangan yang dikelola oleh Pemerintah Desa Tajun. Pasar Desa Tajun merupakan tempat transaksi jual-beli barang kebutuhan pokok masyarakat. Pasar ini berlokasi di wilayah Banjar Dinas Tampul Lawang tepatnya di sebelah Timur Gedung BUMDesa Tajun. Masyarakat yang bertransaksi di Pasar Desa Tajun baik sebagai penjual maupun pembeli didominasi oleh masyarakat Desa Tajun. Namun, masyarakat luar Desa Tajun, seperti Desa Mengening, Tamblang, Depeha, Tunjung, dan Sembiran banyak memanfaatkan Pasar Desa Tajun sebagai tempat transaksi jual beli. Hal ini dikarenakan Pasar Desa Tajun sebagai pasar yang representatif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Selain barang komoditas lokal seperti hasil bumi, juga barang-barang dari luar desa/impor.

 

Sesuai dengan amanat UU Desa No.6 Tahun 2014 dan UU No 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan, Pemerintah Desa Tajun sebagai pengelola pasar desa telah berupa untuk mengembangkan pasar desa sebagai tempat transaksi perdagangan yang refresentatif. Kios-kios disediakan sebagai tempat transaksi jual beli. Tempat parkir yang cukup serta diatur oleh juru parkir. Untuk menghindari kesan umum pasar desa yang biasanya kumuh dan berbau, telah disediakan petugas kebersihan yang memungut atau membersihkan sampah pasar desa kemudian dibawa ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST).

 

Pasar Desa Tajun selain berfungsi sebagai entitas ekonomi yaitu penggerak perekonomian desa, juga berfungsi sebagai entitas sosial dan sumber Pendapatan Asli Desa (PAD). Sebagai entitas sosial, Pasar Desa Tajun berfungsi untuk mempertahankan kearifan atau budaya lokal, seperti kebersamaan dan kekeluargaan karena di sana ada interaksi sosial, cinta produk lokal karena pasar desa merupakan tempat komoditi lokal dipasarkan. Sebagai sumber PAD, pasar desa sebagai sumber pendapatan desa melalui retribusi baik dari parkir maupun penjual barang dan jasa.

Komentar atas Pasar Desa Tajun

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar