Pengelolaan Sampah Diapresiasi Kemendes,Tayang di Program Indonesian Authentic Place

Komang Sujana 11 Juli 2019 17:26:45 WITA

Kru MNC TV Program Indonesian Authentic Place slema 2 hari, 9 dan 10 Juli 2019, melakukan syuting di Desa Tajun. Pengambilan dokumentasi oleh MNC TV atas dasar rekomendasi dari Kementerian Desa. Pengelolaan sampah di Desa Tajun dinilai memiliki inovasi. Oleh sebab itulah, MNC TV  Program Indonesian Authentic Place yang bekerjasama dengan Kemendes ingin mengeksplorasi pengelolaan sampah di Desa Tajun termasuk kearifan lokal atau budaya masyarakatnya.

“Kebetulan pada hari ini Indonesian Authentic Place berkesempatan untuk datang di Desa Tajun karena sangat tertarik dengan pengelolaan sampahnya. Sesuai dengan visi-misi kami eksplor dan jaga Indonesia, kami tidak hanya mengeksplor tempat itu tapi kami ingin melihat lingkungan sekitar, penduduk sekitar, dan BUMDes di Desa Tajun yang bisa menjaga tempatnya dengan mengelola sampah menjadi kompos dan bermanfaat bagi warga,” jelas Oki Produser Indonesian Authentic Place (10/7).

Pada hari pertama Kru MNC TV bersama Hamish Daud dan Gemala Hanafiah meliput kegiatan piodalan bertepatan dengan hari Anggara Kasih Julungwangi di beberapa Sanggah/Mrajan. Hamish Daud sangat tertarik dan merasakan adanya vibrasi religius saat melakukan peliputan piodalan yang merupakan perwujudan filosofi Tri Hita Karana khususnya Parhyangan. Bahkan ia menyempatkan untuk ikut bersembahyang menggunakan pakaian adat Bali.

Peliputan tentang pengelolaan sampah dilakukan pada Rabu (10/7) kemarin. Pengambilan dokumentasi dan sesi wawancara dengan Ketua BUMDesa Tajund dan Perbekel Tajun dipusatkan di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Desa Tajun.

Hamish Daud mengapresiasi Pemerintah Desa Tajun yang telah berhasil mengelola sampah menjadi pupuk organik sehingga  bernilai guna dan bermanfaat bagi warga. Selain itu, sampah plastik yang diubah menjadi paving block juga dinilai sebagai langkah yang inovatif. Penggunaan teknologi pemilah sampah plastik dan sampah organik juga dinilai patut dicontoh oleh desa-desa yang lain.

Selain Desa Tajun, MNC TV juga melakukan syuting di Desa Panji Buleleng. Desa Tajun dan Panji merupakan 2 desa yang dipilih oleh Kemendes untuk diliput oleh MNC TV. Hasil liputan MNC TV baik di Desa Tajun dan Desa Panji rencananya akan on air di Program Indonesian Authentic Place tanggal 17 dan 24 Agustus 2019.

Komentar atas Pengelolaan Sampah Diapresiasi Kemendes,Tayang di Program Indonesian Authentic Place

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar