Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) KSM. Mandala Giri Amertha

Admin 22 Februari 2018 12:32:27 WITA

Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) merupakan salah satu unit usaha Bumdesa Mandala Giri Amertha Desa Tajun. TPST Desa Tajun didirikan tanggal 10 Mei 2013 dan diresmikan oleh Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST. TPST Desa Tajun berdiri di atas tanah milik Desa Pakraman Tajun dengan luas 300 m2. Tujuan pendirian TPST adalah untuk mewujudkan Desa Tajun yang ‘BISA’, yaitu Bersih, Indah, Sehat, dan Asri’. Melalui TPST diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. TPST saat ini sudah membentuk Bank Sampah. Dengan ini masyarakat diharapkan untuk meningkatkan kesadaran menjaga kebersihan lingkungan baik dari sampah organik dan nonorganik.

Tugas pokok Tim TPST Desa Tajun terdiri atas (1) kebersihan dan pertamanan desa, (2) pemilahan dan fermentasi, dan (3) kebersihan pasar desa. Ketiga bidang kegiatan TPST tersebut sebagai upaya mewujudkan program Pemerintah 'Go Green and Clean'.

Kebersihan dan pertamanan desa meliputi pemungutan sampah di wilayah Desa Tajun khususnya sampah-sampah di sepanjang jalan desa baik sampah yang sudah di tong sampah maupun sampah yang berserakan di sepanjang jalan desa. Jenis sampah yang dipungut adalah sampah organik dan nonorganik. Pertamanan desa meliputi penanaman dan pemeliharaan taman desa.

Pemilahan sampah merupakan kegiatan memilah dan memilih sampah. Sampah dipilah berdasarkan sampah organik dan nonorganik. Kemudian sampah tersebut dipilih untuk dimanfaatkan. Sampah organik dimanfaatkan untuk pupuk melalui proses fermentasi, sedangkan sampah plastik nantinya diambil oleh Dinas Lingkungan Hidup.

Kebersihan pasar desa adalah kegiatan menjaga kebersihan Pasar Desa Tajun dari sampah organik maupun nonorganik. Petugas kebersihan secara rutin membersihkan Pasar Desa Tajun guna mewujudkan pasar desa yang bersih dan menghilangkan stigma pasar desa yang biasanya kumuh dan berbau. Dengan ini Pasar Desa Tajun dapat dijadikan sebagai tempat transaksi jual beli yang representatif.

Komentar atas Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) KSM. Mandala Giri Amertha

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar