Panitia Upacara Nubung Padagingan di Pura Dalem Dasar Terbentuk, LPD Tajun Mapunia

Admin 25 Agustus 2019 17:29:34 WITA

Desa Adat Tajun menggelar paruman (rapat) pembentukan Panitia Upacara Nubung Padagingan, Mlaspas, dan Ngenteg Linggih di Pura Dalem Dasar, Minggu (25/8) pagi di utama mandala Pura Dalem Dasar Tajun. Paruman yang dihadiri oleh Kelihan Desa Adat Tajun beserta Prajuru, Kelihan-Kelihan Dadia, Ketua LPD Desa Adat Tajun, Desa Linggih dan Pider menyepakati Ketut Wijaya sebagai Ketua Panitia. Panitia Upacara beserta seksi-seksi akan melakukan matur piuning tanggal 30 Agustus 2019.

Selain itu, pada kegiatan ini LPD Desa Adat Tajun mapunia sebesar Rp 10 juta. Punia diserahkan langsung oleh Ketua LPD Desa Adat Tajun Ketut Sukradi, S.E. kepada Panitia. Menurut Ketut Sukradi, S.E., punia ini sebagai bentuk kontribusi LPD Desa Adat Tajun yang bertujuan meringankan beban Desa Adat dalam menggelar upacara piodalan yang membutuhkan biaya lumayan besar.

“Bentuk sumbangsih lembaga terhadap seluruh kegiatan adat istiadat di desa kita. Apalagi kegiatan Nubung Padagingan, Mlaspas, dan Ngenteg Linggih di Pura Dalem Dasar membutuhkan biaya banyak. Jadi, LPD berusaha ikut andil di segala kegiatan adat-istiadat di desa demi menjaga keberlangsungan kehidupan adat-istiadat dan budaya yang ada di Desa Tajun,” jelasnya.

Dana untuk biaya upacara ini diperoleh melalui urunan krama Desa Adat serta punia. Terkait dengan urunan, Krama Desa Adat Tajun (setiap KK) dikenai urunan sebesar Rp 200 ribu untuk seluruh kegiatan piodalan (ailehan) tahun 2019 yang mana dari urunan tersebut Rp 100 ribu khusus untuk upacara di Pura Dalem Dasar. Saat ini jumlah krama wajib urunan adalah 1.447 KK. Sedangkan biaya yang harus dibutuhkan untuk upacara di Pura Dalem Dasar mencapai Rp 400 juta. Oleh sebab itu, Kelihan Desa Adat Tajun Made Sumarka mengharapkan punia dari krama Desa Adat untuk menutupi kekurangan biaya.

“Biaya upacara mencapai Rp 400 juta. Jika dari urunan krama jelas belum mencukupi. Tadi LPD Desa Adat Tajun sudah mepunia. Untuk konsumsi nanti kami serahkan kepada LPD dan BUMDes. Punia baik berupa wewalungan dan bebantenan sangat masih sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Rangkaian kegiatan upacara Nubung Padagingan, Mlaspas, dan Ngenteg Linggih di Pura Dalem Dasar Desa Adat Tajun telah dilakukan sejak tanggal 12 Agustus 2019. Puncak acaranya atau Agung Karya tanggal 28 September 2019 tepat pada Tilem Katiga. Rangkaian kegiatan upacara di Pura Dalem Dasar secara lengkap dapat diunduh pada tautan di bawah ini.

Dokumen Lampiran : Panitia Upacara Nubung Pedagingan di Pura Dalem Dasar Terbentuk, LPD Tajun Mapunia


Komentar atas Panitia Upacara Nubung Padagingan di Pura Dalem Dasar Terbentuk, LPD Tajun Mapunia

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar