Pemasangan Jaringan Pipa Air Bersih Program Pamsimas III Kabupaten Buleleng

Admin 07 September 2019 17:55:26 WITA

Pemasangan jaringan pipa air bersih program Pamsimas III Kabupaten Buleleng telah dilakukan sejak kemarin (6/9). Hanya saja pemasangan yang dimulai dari bak pembagi sementara distop oleh Dinas PUPR Provinsi karena belum ada surat izin perihal pemasangan pipa. Bak pembagi yang dimaksud adalah bak reservoir yang baru saja dibangun di wilayah Banjar Dinas Bakungan yang juga merupakan bagian dari program Pamsimas III.

“Kemarin sudah mulai dari bak pembagi kemudian distop oleh PUPR Provinsi karena harus ada surat izin. Sehubungan dengan itu pengerjaannya (pemasangan pipa) dimulai di sebelah Utara SDN 5 Tajun ke Timur. Surat izin yang dimaksudkan saat ini masih diurus oleh Dinas PUPR Kabupaten Buleleng,” jelas Ketua Kelompok Keswadayaan Masyarakat, Drs. I Nyoman Sugana yang juga Ketua BUMDesa Tajun (7/9).

Ada dua jenis pipa yang akan dipasang, yaitu pipa HDPE 3” sepanjang 2.000 meter dan pipa PVC 2” sepanjang 1.890 meter. Menurut Nyoman Sugana pemasangan pipa ini direncanakan selesai selama satu bulan. Jaringan pipa ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan air bersih di Desa Tajun.

Sementara itu, pembangunan bak reservoir atau bak pembagi yang berlokasi di sebelah Barat SDN 5 Tajun di Banjar Dinas Bakungan telah selesai dilakukan. Selanjutnya kata Nyoman Sugana tinggal melengkapi aksesori. Bak reservoir dengan volume 18 m3 (3x3x2) akan difungsikan sebagai bak pembagian ke daerah Banjar Dinas Bakungan Timur dan Banjar Dinas Pasek.

Perlu diketahui bahwa Desa Tajun tahun ini mendapatkan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) III Kabupaten Buleleng yang anggarannya bersumber dari APBN (Dana Desa), APBD, dan kontribusi masyarakat (in cash dan in kind). Bantuan Keuangan Khusus APBD Buleleng berjumlah Rp 233.900.000, Dana Desa Rp 33.400.000, in cash 15.000.000, dan in kind Rp 53.500.000. Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan pada program PAMSIMAS ini, yaitu pembuatan bak reservoir, pengadaan jaringan pipa HDPE 3” sepanjang 2.000 meter, pengadaan jaringan pipa PVC 2” sepanjang 1.890 meter, dan sarana cuci tangan 6 unit.

Berita terkait: http://tajun-buleleng.desa.id/index.php/first/artikel/776-Pembangunan-Bak-Reservoir-PAMSIMAS-III-Kabupaten-Buleleng

Komentar atas Pemasangan Jaringan Pipa Air Bersih Program Pamsimas III Kabupaten Buleleng

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar