Yowana Eka Giri Kusuma Ngaturang Ayah Persiapan Upacara Nyumun Sari di Pura Bale Agung

08 September 2019 16:09:38 WITA

Yowana Eka Giri Kusuma Desa Adat Tajun melaksanakan kegiatan bersih sampah di kawasan Pura Bale Agung Desa Adat Tajun, Minggu (8/9) pagi. Giat bersih sampah di Pura Kahyangan Desa merupakan salah satu bentuk kegiatan ngaturang ayah dari Yowana Eka Giri Kusuma Desa. Kegiatan ini juga merupakan program rutin setiap hari Minggu pagi.

Selain bersih sampah Yowana Eka Giri Kusuma juga melakukan kegiatan pemasangan wastra dan ider-ider sebagai persiapan menyambut Piodalan Nyumun Sari pada Purnama Katiga tanggal 14 September 2019 yang akan datang.

“Kegiatan ngaturang ayah kali ini terdiri atas bersih sampah yang sudah biasa dilakukan serta mengganti wastra lama dengan yang baru sebagai persiapan upacara Nyumun Sari pada Purnama Katiga dan seterusnya dipasang serangkaian upacara piodalan ailehan,” jelas Ketut Budiarta Sekretaris Yowana Desa Adat Tajun. Oleh karena ke depan kegiatan upacara di Desa Adat Tajun sangat padat, anggota Yowana Desa Adat Tajun diharapkan lebih aktif ngaturang ayah.

Kegiatan piodalan di Desa Adat Tajun meliputi Upacara Nyumun Sari pada Purnama Katiga, Upacara Nubung Padagingan, Mlaspas, dan Ngenteg Linggih di Pura Dalem Dasar pada Tilem Katiga, Piodalan di Pura Dalem Panyuratan pada pinanggal ke-5 Sasih Kapat, piodalan di Pura Puseh pada pinanggal ke7 Sasih Kapat, piodalan di Pura Dasar Buwana pada pinanggal ke-10 Sasih Kapat, piodalan di Pura Bukit Pucak Sinunggal pada Purnama Kapat, piodalan di Pura Jero pada pinanggal ke-6 Sasih Kalima, piodalan di Pura Taman Sari pada pinanggal ke-7 Sasih Kapat, dan piodalan di pura Bale Agung pada Purnama Kalima.

Komentar atas Yowana Eka Giri Kusuma Ngaturang Ayah Persiapan Upacara Nyumun Sari di Pura Bale Agung

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar