Verifikasi APBDes Perubahan 2019, Camat Kubutambahan Minta Desa Anggarkan Kegiatan untuk PASSBUKRYA

Admin 18 September 2019 21:55:27 WITA

Tim Verifikasi APBDes Kecamatan Kubutambahan telah memverifikasi rancangan APBDes Perubahan Desa Tajun tahun 2019, Rabu (18/9). Tim Verifikasi yang terdiri atas Ketut Juni Ardana, S.E. Kasi Pembangunan, Made Sukanata,S.Sos. Staf Seksi Pemerintahan, Gede Tenny Sugiarta Pendamping Desa, dan Nyoman Nurdiasa Pendamping Lokal Desa, menyatakan bahwa secara keseluruhan rancangan APBDes Perubahan Desa Tajun telah bagus. Walaupun ada bebepara hal yang harus ditambahkan, seperti anggaran untuk festival kecamatan, penanganan stunting, pengelolaan aset desa, dan laporan akhir jabatan Perbekel.

“Saya mengapresiasi Desa Tajun sebagai desa pertama di Kecamatan Kubutambahan yang mengajukan APBDes Perubahan. Secara umum sudah bagus, sesuai regulasi, dan latar belakang mengadakan perubahan sudah tepat yaitu efisiensi anggaran,” ujarnya dikonfirmasi terpisah (18/9). Sebagai tindak lanjut dari verifikasi tadi, Ia segera akan merembugkan hasil evaluasi dengan Tim dan membuat Surat Keterangan Evaluasi yang ditandatangani oleh Camat Kubutambahan.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Gede Tenny Sugiarta. “Untuk evaluasi APBDes Perubahan Desa Tajun sudah selesai dilakukan 100%. Dari pengataman kami sudah bagus dari segi jadwal sudah sesuai dengan mekanisme perubahan mengacu Permendagri 20 tahun 2018. Terkait dengan koreksi hanya catatan ringan tidak bersifat urgensi. Namun, sesuai dengan arahan Pak Camat saat ditemui di Desa Pakisan agar kegiatan Festival dimasukkan ke dalam dokumen RKP Perubahan 2019,” jelas Gede Teni Sugiarta PD Kecamatan Kubutambahan.

Ketika dihubungi (18/9) Camat Kubutambahan Drs. Made Suyasa, M.Si., memang meminta desa menganggarkan kegiatan untuk mendukung PASSBUKRYA IV yang akan diselenggarakan pada pertengahan Oktober. Anggaran di desa diharapkan bersinergi dengan kegiatan kecamatan dan kabupaten.

“Pagelaran Aksi Seni Budaya Kubutambahan Berkarya  kali ini mengambil tema Sangakaning Wruh Aji Ginego. Berdasarkan hasil rapat kemarin yang dihadiri oleh Pemerintah Desa, Desa Adat, budayawan, seniman, dan semua stakeholder sepakat akan mensukseskan kegiatan festival kecamatan. Oleh karena itu, desa-desa sudah semestinya menganggarkan kegiatan yang mendukung kegiatan PASSBUKRYA setiap akhir tahun, seperti partisipasi dalam lomba ngelawar, berbusana adat, ada tmpilan PKK, dan lain sebagainya. Diharapkan Tajun bisa ikut menampilkan kur PKK yang masih hangat-hangatnya setelah Penilaian Kesatuan Gerak PKK KKBPK-Kes,” jelasnya.

Setelah tahapan verifikasi ini, Pemerintah Desa Tajun menunggu Surat Keterangan Evaluasi dari Camat Kubutambahan. Berdasarkan surat tersebut dibuatlah berita acara kesepakatan penetapan rancangan Perdes APBDes menjadi Perdes APBDes Perubahan tahun anggaran 2019 antara BPD dan Perbekel.

“Kami harap Surat Keterangan Evaluasi bisa segera diterbitkan. Kemudian melakukan perubahan pada aplikasi Siskeudes setelah itu baru bisa melakukan pencairan,” ujar Gede Sukra Ardipa Kaur Perencanaan Desa Tajun (18/9).

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar