Promkes Pola Hidup Bersih dan Sehat: CTPS dan Stop BABS

Admin 09 Oktober 2019 22:39:52 WITA

Promosi Kesehatan Tingkat Masyarakat yang merupakan bagian dari kegiatan Pamsimas (Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) III Kabupaten Buleleng tahun 2019 dilaksanakan di Balai Banjar Dinas Bayad, Rabu (9/10) sore. Promosi Kesehatan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dihadiri oleh Ketua Kelompok Keswadayaan Masyarakat yang juga Ketua BUMDesa Desa Tajun Drs. Nyoman Sugana, Tenaga Fasilitator Pamsimas Kabupaten Buleleng, Kelihan Banjar Dinas Bayad, Bidan Desa, dan masyarakat sebagai sasaran.

Pola Hidup Bersih dan Sehat merupakan semua perilaku kesehatan yang  dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat. Contoh perilaku hidup sehat di antaranya adalah cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan stop atau tidak buang air besar sembarangan (BABS).

Bidan Desa Tajun Komang Eni Yunita Sari, A.Md., menyampaikan bahwa  CTPS dan stop BABS adalah perilaku terpenting dalam kehidupan sehari-hari agar terhindar dari masalah kesehatan dan mencegah pencemaran lingkungan. Mewujudkan pola hidup bersih dan sehat dapat dilakukan dengan membuang sampah pada tempatnya, menggunakan jamban sehat,  berantas jentik nyamuk, dan menggunakan air bersih.

Drs. Nyoman Sugana berharap masyarakat mengerti akan pentingnya PHBS, CTPS, dan stop BABS. Melalui pola hidup bersih dan sehat maka kesehatan akan terjaga serta dapat mencegah stunting. Stunting atau gangguan pertumbuhan pada anak dapat diakibatkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Oleh sebab itu, PHBS dalam tatanan keluarga harus dijadikan sebagai kebiasaan atau gaya hidup.

Dikutip dari http://promkes.kemkes.go.id/phbs, ada 10 indikator PHBS dalam tatanan rumah tangga, yaitu sebagai berikut.

  1. Persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan.
  2. Pemberian ASI eksklusif.
  3. Menimbang bayi dan Balita secara berkala.
  4. Cuci tangan dengan sabun dan air bersih.
  5. Menggunakan air bersih.
  6. Menggunakan jamban sehat.
  7. Memberantas jentik nyamuk.
  8. Konsumsi buah dan sayur.
  9. Melakukan aktivitas fisik setiap hari.
  10. Tidak merokok di dalam rumah.

Komentar atas Promkes Pola Hidup Bersih dan Sehat: CTPS dan Stop BABS

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar