Progres Pemasangan Jaringan Pipa Air Bersih PAMSIMAS Capai 90%

Admin 09 November 2019 08:47:06 WITA

Desa Tajun tahun ini mendapatkan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) III Kabupaten Buleleng. PAMSIMAS bertujuan memperluas akses masyarakat terhadap air bersih serta mewujudkan sanitasi berbasis masyarakat. Program PAMSIMAS di Desa Tajun terdiri atas beberapa kegiatan, yaitu pengadaan bak reservoar, pemasangan pipa jaringan, pengadaan sarana cuci tangan, dan promosi kesehatan (Promkes).

Bak reservoir dengan volume 18 m3(3x3x2) berlokasi di sebelah barat daya SDN 5 Tajun telah selesai dikerjakan. Begitu juga dengan pengadaan sarana cuci tangan masing-masing dua unit di SDN 4 Tajun dan SDN 6 Tajun. Promosi kesehatan bertemakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) menyasar warga telah dilaksanakan di Banjar Dinas Bayad tanggal 9 Oktober 2019, sedangkan Promkes untuk anak sekolah dilaksanakan tanggal 10 Oktober 2019 di SDN 6 Tajun.

Saat ini sedang dikerjakan pemasangan jaringan pipa air bersih. Ada dua jenis pipa yang dipasang, yaitu pipa HDPE 3” sepanjang 2.000 meter dan pipa PVC 2” sepanjang 1.890 meter. Pemasangan pipa sudah dilakukan sejak tanggal 6 September 2019 dan progresnya telah mencapai 90%.

“Sudah mencapai 90%. Tinggal pengurukan dan memasang beberapa pipa saja,” jelas Drs. I Nyoman Sugana Ketua Kelompok Keswadayaan Masyarakat yang juga Ketua BUMDesa Tajun, Sabtu (9/11).

Pembangunan bak reservoir serta pemasangan pipa jaringan diharapkan dapat melayani akses masyarakat terhadap air bersih khususnya yang ada di wilayah Banjar Dinas Bakungan Timur dan Banjar Dinas Pasek.

Komentar atas Progres Pemasangan Jaringan Pipa Air Bersih PAMSIMAS Capai 90%

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar