Awal Tahun Baru, Tim TPST Tetap Giat Pungut Sampah untuk Kebersihan Desa

Admin 01 Januari 2020 10:17:02 WITA

Hari ini, Rabu (1/1/2020) merupakan hari libur nasional tetapi hal ini sepertinya tidak berlaku bagi petugas TPST Desa Tajun. Apresiasi yang tinggi patut diberikan kepada Petugas TPST Desa Tajun pada awal tahun baru tetap melakukan kegiatan memungut sampah untuk menjaga kebersihan lingkungan.

“Seperti biasa kami kerja. Hari ini pungut sampah di seputaran jalan desa,” ujar Kadek Budi Hermawan (1/1/2020).

Harapan petugas TPST tahun 2020 adalah masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya. Bak-bak sampah yang telah disediakan agar dimanfaatkan dengan baik sehingga petugas TPST lebih efektif dalam memungut sampah.

Program kebersihan TPST belum mencakup seluruh wilayah di Desa Tajun. Seperti yang dituturkan oleh Kadek Budi Hermawan, mobil layanan sampah keliling baru menyasar wilayah pusat desa sampai ke wilayah Tukad Jungkaang, Cipakan Tajun, Padang Asah, Bayad, dan Bukit Pudeh.

“Daerah di pusat desa, Cipakan, Padang Asah, Bayad, dan Bukit Pudeh sementara wilayah yang kita ambil sampahnya. Daerah Padang Asah sampai Pak Putu Sentana, daerah Bukit Pudeh  sampai Pak Ketut Susana, di desa sampai Pak Sulasnya. Itu pun 1 x dalam seminggu,” jelasnya.

Beberapa wilayah seperti Bakungan dan Batu Barak belum tersentuh. Menurutnya petugas TPST yang ada saat ini kewalahan.

“Pasukan yang jelas kurang. Tenaga saat ini 5 orang. Itu sudah ada tugasnya masing masing. Saya kira kalau kita harus ambil semua wilayah desa kita harus menambah armada dan tenaga.” ujarnya.

Selain itu, kendala lain yang dialami TPST adalah beberapa bak sampah dinyatakan sudah tidak layak pakai. Oleh sebab itu, Pemerintah Desa tahun ini bisa menganggarkan pengadaan bak sampah.

“Ada masukan dari warga agar bak sampah ditambah lagi. Kendala kami adalah bak sampah yang belum merata yang diberikan kepada warga dan iuran sampah yang masih minim. Sekarang saja sudah banyak bak sampah yang tidak layak pakai,” paparnya.

Semoga tahun ini penangangan sampah di Desa Tajun bisa ditingkatkan menyesuaikan dengan keberadaan keuangan desa. Mari bersama-sama membangun desa dengan menjaga kebersihan lingkungan terutama dari sampah plastik.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar