Program Sembako 2020: Bantuan Naik, Pencairan Bulan Januari Mengalami Keterlambatan

Admin 19 Januari 2020 11:35:39 WITA

Program Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) tahun 2019 akan berganti menjadi program Sembako mulai Januari tahun 2020. Dikutip dari laman resmi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, terdapat peningkatan index  bansos pangan dari yang sebelumnya sebesar Rp110.000 menjadi Rp150.000 per KPM (keluarga penerima manfaat).

Berdasarkan surat dari Kementerian Sosial nomor 187/6.3/BS.02/01/2020 tanggal 16 Januari 2020 yang ditujukan kepada Kepala Dinas Sosial Kabupaten/Kota, bahwa KPM belum dapat mencairakan dana bantuan mengingat masih akan dilaksanakan pemindahbukuan dana rekening BPNT ke rekening penampungan program Sembako yang baru, dan akan selesai pada Minggu ke IV bulan Januari 2020.

Ini artinya, bantuan sembako bulan Januari ada kemungkinan baru bisa dicairkan bulan Februari. Komang Sujana, Kasi Kesejahteraan Desa Tajun, ketika dikonfirmasi Minggu (19/1) pagi, menyatakan sudah menerima informasi tersebut dari Dinas Sosial Kabupaten Buleleng dan sudah mengkomunikasikan kepada Perbekel dan Perangkat Desa.

“Informasi keterlambatan pencairan sudah kami terima kemarin lusa. Ini sudah kami sampaikan kepada Pemerintah Desa khususnya kepada Kelihan Banjar Dinas agar menyampaikan ke KPM di wilayahnya masing-masing. Kami juga sudah menginformasikan ke e-Warong UD Satria Jaya sebagai agen Bansos Pangan di Desa Tajun,” katanya.

Sujana menambahkan bahwa BNBA penerima program Sembako 2020 jumlahnya 162 KPM yang merupakan gabungan dari KPM PKH dan nonPKH. “Data penerima program Sembako saya terima kemarin (18/1) dari Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Kabupaten Buleleng. Besok (20/1) akan dipilah mana KPM PKH dan nonPKH kemudian disampaikan kepada Perbekel dan Kelihan Banjar Dinas,” pungkasnya.

Keteragan: foto diunduh dari goole.co.id

Komentar atas Program Sembako 2020: Bantuan Naik, Pencairan Bulan Januari Mengalami Keterlambatan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar