Cegah Stunting, Anak Sehat dan Cerdas, Datang ke Posyandu!

18 September 2020 20:20:49 WITA

Posyandu Mawar yang bertempat di Kantor Perbekel Tajun telah berlangsung Jumat (18/9) pagi tadi. Kegiatan Posyandu tadi dihadiri oleh 12 Batita dan Balita dari 35 sasaran.

Pelayanan kesehatan dasar yang diperoleh adalah imunisasi meliputi BCG, Polio, DPT, MR, dan JE serta pemberian makanan tambahan berupa biskuit, telor, dan bubur kacang ijo. Batita dan Balita juga diukur lingkar kepala, tinggi badan dan timbang badan untuk mengetahui pertumbuhanan anak.

Besok, Sabtu (19/9), pukul 10.00 wita, bertempat di Banjar Dinas Bakungan, akan diselenggarakan Posyandu Anggrek. Ibu-ibu yang memiliki Batita dan Balita khususnya yang berdomisili di Banjar Dinas Bakungan dan sekitarnya agar hadir ke Posyandu.

Kegiatan Posyandu besok menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19. Oleh sebab itu, warga wajib menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun atau memakai hand sanitizer yang disediakan Kader Posyandu, dan menjaga jarak aman.

Kenapa harus datang ke Posyandu? Kesehatan anak harus terjaga dengan baik sehingga pertumbuhan dan perkembangan anak tidak mengalami kendala. Di Posyandu anak mendapatkan pelayanan kesehatan dasar, seperti imunisasi, PMT, timbang badan, ukur tinggi badan dan lingkar kepala yang merupakan kegiatan rutin dilakukan untuk memastikan anak tetap sehat dan mencegah terjadinya stunting.

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada Balita yang disebabkan oleh kekurangan gizi. Stunting menyebabkan gangguan perkembangan otak anak, sistem kekebalan tubuhnya melemah, dan IQ yang rendah.

Dikutip dari Kompas.com, berdasarkan data hasil Survei Status Gizi Balita Indonesia (SSGBI) pada tahun 2019 bahkan menunjukkan bahwa prevalensi stunting mencapai 27,67 persen. Artinya, setiap 10 anak Indonesia, ada 3 orang di antaranya yang mengalami stunting. Kondisi ini menjadikan penangangan stunting merupakan salah satu prioritas program Pemerintah.

Agar anak terhindar dari stunting solusinya adalah pastikan anak dalam kondisi sehat, tidak kekurangan gizi dengan datang ke Posyandu dan selalu berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Ayo datang ke Posyandu! Anak sehat dan cerdas.

 

 

 

Komentar atas Cegah Stunting, Anak Sehat dan Cerdas, Datang ke Posyandu!

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar