BPD dan Perbekel Sepakati RKPDes 2021

Admin 10 Oktober 2020 17:48:37 WITA

Bidang pendidikan, kesehatan, dan pembangunan jalan desa merupakan prioritas porgam pembangunan Pemerintah Desa Tajun pada tahun 2021. Hal ini disampaikan oleh Perbekel Tajun Made Arya, S.H., dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2021 yang bertempat di Ruang Rapat Kantor Perbekel Tajun, Kamis (8/10).

Pada bidang Pendidikan, mulai tahun depan orang tua siswa tidak dipungut biaya pendaftaran, operasional dan honor guru PAUD didanai dari APBDes. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini. Pada bidang Kesehatan, penanganan stunting masih menjadi prioritas sejalan dengan program Pemerintah pusat. Untuk bidang pembangunan Pemdes Tajun mencanangkan perbaikan jalan desa atau betonisasi jalan, yaitu betonisasi jalan Lingkungan Puseh menuju Padang Asah yang merupakan jalan penghubung antar desa. Selain betonisasi jalan, Pemdes bersama BPD sepakat memperluas akses air bersih untuk masyarakat dengan pembangunan jariangan air bersih.

Pada sesi pencermatan RKPDes tidak ada perubahan atau penghapusan rencana kegiatan secara signifikan. Penghapusan kegiatan hanya ada sedikit pada bidang Pemerintahan. Setelah itu dilakukan penandatangan Berita Acara oleh Perbekel, BPD, dan Ketua Tim Penyusun RKPDes.

Setelah acara Musrenbangdes dilanjutkan dengan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) BLT Dana Desa. Pemerintah Desa bersama BPD sepakat untuk tidak menyalurkan BLT Dana Desa tahap VII. Hal ini dikarenakan agar Pemdes tetap memiliki dana cadangan pada bidang Bencana.

“Pandemi ini belum berakhir bahkan di Indonesia trennya meningkat. Sebagai langkah antisipasi maka kita harus membuat dana cadangan yang sewaktu-waktu akan kita gunakan untuk menanggulangi bencana. Misalnya, jika ada warga kita yang terpapar covid-19 maka dibutuhkan biaya untuk bantuan sembako dan keperluan lainnya selama isolasi. Dan jangan lupa pula bahwa kita akan memasuki musim penghujan. Kita juga harus mengantisipasi itu,” jelas Ketua BPD Tajun I Nyoman Wirasa (8/10).

Murenbangdes dihadiri oleh Kasi Pembangunan Kecamatan Kubutambahan I Ketut Juni Ardana, S.E., Kelihan Desa Adat Bayad, Pendamping Lokal Desa, Ketua BUMDesa Tajun, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Tajun, serta Kader KPM.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar