Pemeriksaan Dana BKK Tahun 2017 oleh Tim BPK

08 Maret 2018 21:47:44 WITA

Tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Bali hari ini Kamis, 8 Maret 2018, melakukan pemeriksaan penggunaan dana Bantuan Keuangan Khusus tahun 2017 untuk Desa Pakraman dan Subak Abian di Desa Tajun. Turut hadir dalam pemeriksaan adalah Inspektorat Provinsi Bali dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Bali.

Tim BPK memerika kesesuaian antara Rencana Anggaran Biaya (RAB), pelaporan, dan fisik di lapangan. Pemeriksaan yang berjalan sekitar 3 jam berjalan dengan lancar. BPK tidak menemukan kesenjangan yang signifikan antara RAB dan pelaksanaan kegiatan. Dua (2) Desa Pakraman dan delapan (8) Subak di Desa Tajun sudah melakukan kegiatan sesuai dengan RAB. Secara umum Tim BPK memberikan penilaian yang baik kepada Desa Tajun terhadap pengelolaan Dana BKK tahun 2017.

Rekomendasi Ketua Tim BPK, Gusti Ngurah Kawindra, berdasarkan hasil pemeriksaanya terdiri atas tiga (3) hal, yaitu dokumentasi, RAB, dan penyelamatan nilai-nilai sejarah. Pengambilan dokumentasi (foto) harus bagus. Semakin banyak dokumentasi kegiatan di Desa Pakraman dan Subak maka laporan akan semakin baik. RAB harus rinci dan benar-benar dibuat sesuai dengan keperluan di lapangan. Desa Pakraman dan Subak harus menjaga nilai-nilai sejarah, misalnya bangunan atau relief yang mengandung nilai sejarah yang adi luhung. Artinya, jangan sampai Desa Pakraman dan Subak memaksakan untuk merenovasi bangunan pura yang memiliki nilai sejarah yang tinggi demi untuk menghabiskan anggaran atau menggantinya agar terlihat baru.

Sementara itu, Edy Subagiartha dari DPMD Provinsi Bali yang turut mendampingi pemeriksaan berharap ke depan Desa Tajun bisa lebih baik lagi dalam pengelolaan dana BKK. Kasi Kesra sebagai pelaksana teknis kegiatan diharapkan selalu melakukan pendampingan dan pengawasan kepada Desa Pakraman dan Subak sebagai pengguna dana BKK.

Komentar atas Pemeriksaan Dana BKK Tahun 2017 oleh Tim BPK

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar