Kunjungan Internasional: Palli Karma Sahayak Foundation (PKSF) Bangladesh Kunjungi Bumdesa Tajun

22 Maret 2018 16:17:54 WITA

BUMDesa Mandala Giri Amertha Desa Tajun kembali kedatangan tamu yang mana tamu yang berkunjung hari ini (23/3/2018) adalah tamu internasional dari Bangladesh yang berjumlah dua belas (12) orang. Tamu internasional ini merupakan tamu representatif dari Palli Karma Sahayak Foundation (PKSF) Bangladesh. Palli Karma Sahayak Foundation (PKSF) adalah lembaga keuangan yang didirikan oleh Pemerintah Bangladesh untuk membiayai pembangunan pedesaan dan memberikan pelatihan dan terletak di Dhaka, Bangladesh. Kunjungan ini dalam rangka program studi internasional MICRA (Microfinance Innovation Center for Resources and Alternatives) Indonesia yang bernama “International Micro-Enterprise Exposure”.

Kunjungan PKSF Bangladesh ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan keuangan mikro di Indonesia dalam mendukung pengentasan kemiskinan di Bangladesh. “Dua belas tamu (12) dari PKSF Bangladesh ingin mengetahui bagaimana pengelolaan keuangan di sebuah lembaga keuangan mikro di Indonesia yang nantinya dapat digunakan sebagai acuan untuk pengentasan kemiskinan di Bangladesh. Dipilihnya Bumdesa Tajun sebagai objek studi banding berdasarkan rekomendasi Kemendesa.” kata Dodon Yamin, perwakilan dari MICRA Indonesia.

Sementara itu, Perbekel Tajun, Ir, Gede Ardana, menyatakan bahwa tamu PKSF Bangladesh sangat tertarik dengan pengelolaan keuangan Pemerintahan Desa dan Bumdesa Tajun. “Mereka sangat apresiatif terhadap sistem pengelolaan Bumdesa Tajun kaitannya dalam pemberdayaan masyarakat. Nantinya sistem pengelolaan di lembaga keuangan Bumdesa ini akan dijadikan acuan untuk pengentasan kemiskinan atau peningkatan kesejahteraan masyarakat di Bangladesh.” katanya. Hal ini diakui oleh Rokanuzzaman, Manajer Program Departement PKSF, “Financial system in this institution is very good. It useful to developing skills for sustainable livelihoods so can increase income of the household.” katanya.

Selain mempelajari pengelolaan keuangan Bumdesa Tajun, tamu PKSF Bangladesh juga menyempatkan untuk melihat aktivitas siswa SD dan mencermati pengelolaan sampah di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Desa Tajun yang merupakan salah satu unit BUMDesa Mandala Giri Amertha Desa Tajun.

Komentar atas Kunjungan Internasional: Palli Karma Sahayak Foundation (PKSF) Bangladesh Kunjungi Bumdesa Tajun

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar