Tumpek Wariga, Krama Subak Abian Tampak Sa Gelar Upacara Nyungsung

05 Mei 2018 16:15:58 WITA

Krama Subak Abian Tampak Sa hari ini Sabtu (5/5) bertepatan dengan Hari Tumpek Wariga menggelar upacara Nyungsung-Mecaru di Pura Subak Abian Tampak Sa, Banjar Dinas Bakungan, Desa Tajun. Upacara ini merupakan salah satu upacara yang didanai dengan dana BKK Provinsi tahun 2018. Sesuai RAB anggaran upacara ini sebesar Rp 6.532.000,-.

Upacara Nyungsung bertepatan dengan hari Tumpek Wariga atau harinya tumbuh-tumbuhan bertujuan untuk mengucap syukur dan berdoa kepada Ida Bhatara Sangkara manifestasi Ida Sang Hyang Widhi sebagai dewa tumbuh-tumbuhan agar tumbuh-tumbuhan tumbuh dengan baik dan menghasilkan. "Upacara Nyungsung merupakan salah satu rangkain upacara di Pura Subak Abian Tampak Sa selain piodalan. Tujuannya memohon anugerah kepada Ratu Sesuhunan yang malingga-malinggih di Pura Subak sehingga sehingga hasil pertanian sesuai harapan,” kata Kelihan Subak Abian Tampak Sa, Nengah Budiarta.

Ia juga tidak lupa mengupcapkan terima kasih kepada Pemprov Bali atas bantuan BKK untuk Subak Abian Tampak Sa. "Mewakili krama subak saya ngucapkan terima kasih kepada pemerintah. Bantuan BKK dapat meringkan beban kami dalam menggelar piodalan dan pembangunan di subak," tutupnya.

Subak Abian Tampak Sa masih memiliki satu kegiatan yang didanai oleh dana BKK tahun 2018, yaitu piodalan yang akan diselenggarakan tanggal 15 Mei 2018.

Komentar atas Tumpek Wariga, Krama Subak Abian Tampak Sa Gelar Upacara Nyungsung

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar