Kuningan, Sekaa Truna Eka Giri Kusuma Ngayah Nabuh dan Bersih Sampah

10 Juni 2018 10:23:16 WITA

Sekaa Truna Eka Giri Kusuma Desa Pakraman Tajun konsisten melakukan kegiatan pembersihan di areal Pura Kahyangan Desa di Desa Pakraman Tajun. Hari ini, Minggu 6 Juni 2018, Sekaa Truna EGK yang terbagi menjadi beberapa kelompok melakukan permbersihan di beberapa pura, seperti di Pura Desa, Puseh, Bale Agung, Goa Raja, Pucak Sinunggal. Aksi nyata pemuda dan pemudi Desa Pakraman Tajun dalam wadah Sekaa Truna Eka Giri Kusuma ini bertujuan untuk menciptakan kawasan Pura Kahyangan Desa Tajun yang bersih dari sampah utamanya sampah plastik sehingga terwujudnya kenyamanan umat/pamedek dalam bersembahyang.

Selain ngayah pembersihan, Sekaa Truna Eka Giri Kusuma hari ini juga ngayah di Pura Pucak Sinunggal, seperti ngayah jaga pos dana punia, membantu Jero Mangku menyiapkan tirta dan bija, dan mengisi tirta yang sudah dibungkus plastik pada masing-masing banten pamadek. Biasanya hari Minggu dan apalagi sekarang masih suasana hari raya Kuningan, pamedek yang tangkil/sembahyang di Pura Pucak Sinunggal cukup ramai.

Niat besar Sekaa Truna Eka Giri Kusuma dalam mengembangkan organisasi Sekaa Truna tidak hanya tercermin dari konsistensi kegiatan pembersihan setiap hari Minggu, tetapi juga sejak minggu lalu Sekaa Truna Eka Giri Kusuma melalui arahan Kelihan Desa Pakraman mulai mengaktifkan kembali Sekaa Gong Remaja. Tahun lalu Sekaa Gong Remaja pernah beberapa kali latihan Gong Kebyar namun karena banyak anggota yang berhalangan (kerja dan sekolah) maka kegiatan latihan tidak berlanjut. Tanggal 5 Juni 2018, Sekaa Gong Renaja EGK memulai latihan perdana di Wantilan Desa Pakraman Tajun. Kemarin Sekaa Gong EGK ini sudah ngaturang ayah nabuh di Pura Pucak Sinunggal. Rencananya setiap minggu akan dilakukan latiha rutin.

Komentar atas Kuningan, Sekaa Truna Eka Giri Kusuma Ngayah Nabuh dan Bersih Sampah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar