Sosialisasi Aplikasi SIKS-NG: Verivali Basis Data Terpadu dan Kartu Keluarga Sejahtera

Admin 25 Juni 2018 18:57:45 WITA

Dinas Sosial Kabupaten Buleleng menggelar acara Sosialisasi Aplikasi SIKS-NG (Sistem Kesejahteraan Sosial-Next Generation) di Ruang Rapat Dinas Sosial Kabupaten Buleleng, Senin (25/6). Sosialisasi ini mengundang Operator Desa dan Kasi Kesra se-Kecamatan Banjar dan Kubutambahan. Untuk Pemerintah Desa Tajun diwakili oleh Kaur Perencanaan dan Kasi Kesra.

Aplikasi SIKS-NG merupakan aplikasi offline yang digunakan untuk mengolah dan memperbarui data Basis Data Terpadu (Rumah Tangga Sasaran) dan Kartu Keluarga Sejahtera. Dalam aplikasi ini sudah ada blangko data BDT dan KKS masing-masing desa yang nanti akan diverivikasi dan divalidasi oleh Kelihan Banjar Dinas. Verivikasi dan validasi BDT bertujuan untuk mengetahui rumah tangga yang layak mendapat program bantuan, sedangkan verivali KKS bertujuan memperbaiki kepesertaan program bantuan sosial pangan (KKS/RASTRA/BPNT). Khusus untuk KKS yang diverivali adalah KKS nonPKH. Hasil verivali akan disetor ke Kemsos melalui Dinas Sosial. Sesuai dengan penjelasan dari Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buleleng, hasil verivali BDT dan KKS harus sudah disetor paling lambat bulan September.

Selain sosialisasi aplikasi BDT dan KKS, dalam acara ini juga disampaikan verivali data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS). Data PMKS meliputi data anak balita terlantar, anak terlantar, anak yang berhadapan dengan hukum, anak jalanan, anak dengan kedisabilitasan, anak yang menjadi korban kekerasan, dan lain sebagainya. Data PSKS meliputi pekerja sosial profesional, pekerja sosial masyarakat, taruna siaga bencana, dan lain sebagainya. Kedua data tersebut harus disetor maksimal bulan depan.

Kadis Dinas Sosial Kabupaten Buleleng menekankan kepada semua desa agar benar-benar memverivali BDT, KKS, PMKS, dan PSKS. Data BDT utamanya sebab semua bantuan (PBI, PKH, KKS/Rastra) harus merujuk data BDT. Begitu juga dengan data PMKS akan digunakan sebagai sumber data acuan bagi Dinsos dalam menyusun Renja. Jika data tersebut valid maka Dinsos akan lebih mudah menyusun Renja program bantuan sosial kepada masyarakat yang kurang mampu atau mengalami disabilitas.

Komentar atas Sosialisasi Aplikasi SIKS-NG: Verivali Basis Data Terpadu dan Kartu Keluarga Sejahtera

Komang Sujana 10 Agustus 2018 18:27:11 WITA
Terkait dengan hal ini kami belum tahu pasti apakah akan berpengaruh pada bantuan yang akan diterima. Untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan di Kantor Dinas Sosial.
Intan 07 Agustus 2018 22:49:50 WITA
Saya mau bertanya di aplikasi SIKS untuk KPM PKH yang di ganti oleh BDT lain di KKS apakah akan mengakibatkan bantuan PKHnya menjadi hilang atau tidak?

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar