Pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa: Sinergi dengan Pemdes-BPD, Wujudkan Desa Mandiri

07 Juli 2018 18:07:49 WITA

Balai Latihan Masyarakat Denpasar bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Buleleng telah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (KPMD) sejak tanggal 3-7 Juli 2018. Pelatihan yang bertempat di Kantor Camat Kubutambahan ini diikuti oleh KPMD dari 13 desa se-Kecamatan Kubutambahan. Desa Tajun diwakili oleh tiga orang KPMD, yaitu Gede Mudana, Komang Ariawan, dan Ketut Udayani.

Dilansir dari Fb Pid Kecamatan Kubutambahan, acara penutupan pelatihan KPMD ditutup langsung oleh Kepala Dinas Pemerdayaaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Buleleng, I Gede Sandhiyasa,S.Sos., M.Si., didampingi oleh Kepala Balai Latihan Masyarakat Denpasar yang diwakili oleh Kasi Penyelenggara Balai Latihan Masyarakat, serta Camat Kubutambahan yang diwakili oleh Kasi Pembangunan Kecamatan Kubutambahan, Ketut Juni Ardana, S.E.

Dalam kesempatan ini Kepala Dinas PMD Kabupaten Buleleng mengapreasi penuh pelatihan ini dan meminta kepada seluruh kader Kecamatan Kubutambahan agar dapat bekerja sama dengan Aparatur Desa, Kepala Desa, BPD dan lembaga lembaga lain yang ada di desanya. Dengan peran serta para Kader pemberdayaan Masyarakat Desa yang ada sekarang diharapkan bisa memberikan masukan, gagasan/usulan kepada Kepala Desa dan ketua BPD dalam pembentukan RPJMDes. I Gede Sandhiyasa, juga menginginkan agar peran aktif para Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa bisa berkesinambungan, sesuai tugas, fungsinya dan tidak hanya untuk formalitas saja.

Sementara itu, Gede Mudana, Ketua KPMD Desa Tajun, menindaklanjuti hasil pelatihan KPMD Desa Tajun sebisa mungkin bersama Perangkat Desa, BPD, dan lembaga desa lainnya mewujudkan pembangunan di Desa Tajun yang berkualitas sesuai kebutuhan. “KPMD dituntut mampu menjadi penggerak, motivator, pembaharu, serta menjadi inspirator. Salah satunya mulai dari penyusunan RPJMDes,” jelasnya. Hanya saja diakui KPMD belum bisa memahami secara detail mengenai RPJMDes dan RKPDes. Oleh sebab itu, dalam hal ini ia berharap adanya sinergitas antara KPMD, Pemdes, BPD, dan lembaga lainnya.

Dengan adanya KPMD maka semakin banyak lembaga/organisasi yang ikut bersama-sama mewujudkan pembangunan desa yang berkualitas. Semoga apa yang diharapkan oleh Kepala Dinas PMD untuk membentuk desa yang maju dan mandiri bisa terwujud.

*Sumber Gambar: Fb Pid Kubutambahan.

Komentar atas Pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa: Sinergi dengan Pemdes-BPD, Wujudkan Desa Mandiri

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar