Serap Aspirasi, Biro Humas Protokol Provinsi Bali Kunjungi Desa Tajun

11 Juli 2018 11:20:31 WITA

Biro Humas Protokol Provinsi Bali yang diwakili oleh Ngurah Abdi dan Yunita, kunjungi Desa Tajun, Selasa (10/07/18) siang kemarin. Kedatangan Tim Biro Humas Protokol Provinsi Bali diterima langsung oleh Kasi Pemerintahan, Kaur Tata Usaha dan Umum, dan Kasi Pemerintahan di Ruang Perbekel Tajun.

Kunjungan ini dalam rangka penyerahan tabloid Bali Mandara dan penyerapan aspirasi masyarakat. Penyerapan aspirasi masyarakat secara khusus mengenai program-program Bali Mandara, seperti Gerbangsadu, Simantri, JKBM-JKN, dan BKK. Tim Humas Provinsi Bali meminta keterangan realisasi, kendala, dan saran terhadap program tersebut.

Dijelaskan oleh Kasi Pemerintahan Desa Tajun, Nengah Sukadi, program Gerbang Sadu di Desa Tajun memberikan dampak positif bagi masyarakat khususnya masyarakat kurang mampu. Dikelola oleh BUMDesa Tajun, melalui Gerbang Sadu masyarakat diberikan kredit untuk mengembangkan usaha ekonomi produktif. Berkenaan dengan BKK, realisasinya digunakan untuk upacara dan pembangunan fisik di dua Desa Pakraman dan delapan subak. Disampaikan oleh Kasi Kesra Tajun, Komang Sujana, BKK dirasakan betul manfaatnya bagi masyarakat karena dapat mengurangi beban krama Desa Pakraman dan krama subak.

Besar harapannya program-program tersebut terus dievaluasi sehingga dampak positifnya bisa dirasakan oleh semua kalangan masyarakat. BKK misalnya, kalau bisa Juknis lebih fleksibel mengingat tidak mungkin setiap tahun akan melakukan pembangunan fisik. Sementara ini dana BKK belum bisa digunakan untuk membeli perlengkapan Subak, seperti perlengkapan memasak atau bisa juga untuk program pembinaan. Untuk program JKBM yang sekarang diganti dengan JKN diharapkan kuota KIS masing-masing desa agar sesuai dengan data BDT atau KK miskin. Tahun ini Tajun mendapatkan kuota KIS sebanyak 150 orang, sedangkan jumlah BDT Desa tajun 249 KK.

Komentar atas Serap Aspirasi, Biro Humas Protokol Provinsi Bali Kunjungi Desa Tajun

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar