Percepat Verivali, Pemdes Tajun Konsultasikan Pengisian Blangko BDT

23 Juli 2018 10:26:55 WITA

Data Terpadu adalah sistem data elektronik berisi data nama dan alamat yang memuat informasi sosial, ekonomi, dan demografi dari individu dengan status kesejahteraan terendah di Indonesia (Permensos No. 10 Tahun 2016). Dalam istilah yang lebih umum di masyarakat Data Terpadu memuat data rumah tangga miskin (RTM) atau sering juga disebut KK miskin.

Data terpadu merupakan acuan atau sumber yang digunakan oleh Kemensos, Dinsos, atau lembaga lainnya dalam rangka menentukan program-program peningkatan kesejahteraan sosial. Dengan data terpadu, masyarakat penerima manfaat program bisa benar-benar tepat sasaran. Ini artinya, data terpadu hasil verivikasi dan validasi (verivali) dari desa sangat penting untuk menentukan sasaran program-program perlindungan sosial, seperti PKH, KKS, Rastra, KIS, KIP. Oleh sebab itu, desa melalui perangkat desa harus melakukan verivali BDT yang benar.

Agar verivali yang dilakukan oleh Masing-masing Kelihan Banjar Dinas efektif dan efisien, Kasi Kesra Tajun, Komang Sujana, mengkonsultasikan pengisian blanko BDT hasil cetak prelist dari sistem SIKS-NG ke Operator Dinas Sosial Kabupaten Buleleng, Senin (23/07/18) pagi. Disampaikan oleh Made Budi Setiawan, setiap sub item pada blangko tidak boleh kosong sebab ketika input data di sistem tidak boleh ada data yang kosong. Semua blangko hasil cetak prelist harus diverivali. Desa juga boleh menambahkan warga tidak mampu yang tercecer. Nantinya pusat akan menentukan perengkingan dari hasil verivali tersebut. “40% terbawah dari hasil perengkingan pusat akan menjadi Basis Data Terpadu (BDT) terbaru desa,” jelasnya.

Agar pengumpulan data terpadu ke Dinsos sesuai target, yaitu bulan September, Komang Sujana, menyampaikan bahwa mulai hari ini bangko BDT akan diserahkan kepada Kelihan Banjar Dinas untuk diverivali. "Terlebih dahulu akan dipaparkan mengenai pengisian blangko kepada masing-masing Kelihan Banjar Dinas sehingga ketika verivali di lapangan bisa efektif dan efisien," jelasnya. Ia pun menekankan kepada Kelihan Banjar Dinas agar cermat dan tepat dalam memverivali data. Peran serta masyarakat sebagai responden juga sangat diharapkan untuk kelancaran pendataan ini.

*Foto google.com

Komentar atas Percepat Verivali, Pemdes Tajun Konsultasikan Pengisian Blangko BDT

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar