Penelitian Balai Arkeologi Bali di Tajun: Ditemukan Arca Perwujudan Bhatari Abad 13-an dan Dolmen

27 Agustus 2018 08:54:33 WITA

Tim Peneliti Balai Arkeologi Bali sedang melakukan penelitian peninggalan situs-situs kepurbakalaan di Bali Utara. Ada dua (2) kecamatan yang akan dijadikan objek kajian, yaitu Kecamatan Kubutambahan dan Tejakula. Untuk Kecamatan Kubutambahan disasar empat (4) desa, yaitu Desa Tajun, Bengkala, Depeha, dan Kubutambahan.

Minggu, 26 Agustus 2018, Tim Peneliti Balai Arkeologi Bali, melakukan penelitian di Desa Tajun. Penelitian dilakukan di Banjar Dinas Bayad, seperti di Tukad Keranjang dan Pura Subak Abian Tampul Sari, di Pura Goa Raja, Pura Dasar Bhuwana Siwa Buda, dan Pura Pucak Sinunggal.

Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa ada beberapa situs kepurbakalaan di Desa Tajun. Seperti, Arca Perwujudan Bhatari di Pura Subak Abian Tampul Sari, Goa Alam di Goa Raja, Dolmen di Pura Dasar Bhuwana Siwa Buda, Lingga Yoni, Batu Alam, dan Arca sederhana yang disebut Ratu Melanting di Pura Pucak Sinunggal.

Nyoman Sunarya, Tim Peneliti Arkeologi Bali, menyatakan bahwa Arca Perwujudan Bhatari yang ditemukan di Subak Abian Tampul Sari diperkirakan pada abad 13-14. Temuan Goa Alam di Goa Raja menunjukkan adanya situs kehidupan zaman dulu. Hal ini dikuatkan dengan adanya sumber mata air yang saat ini digunakan sebagai panglukatan. Temuan batu yang berbentuk meja di Pura Dasar Bhuawana Siwa Buda diperkirakan sebagai Dolmen atau meja batu tempat meletakkan sesaji. Beberapa temuan situs kepurbakalaan yang ditemukan di Pura Pucak Sinunggal adalah Lingga Yoni di Pura Tampullawang, Batu Alam, Arca yang disebut Ratu Melanting.

Terhadap termuan-temuan tersebut, Tim Arkeologi Bali berpesan agar benda-beda tersebut dijaga keberadaannya. Situs-situs kepurbakalaan merupakan gambaran kehidupan leluhur zaman dulu yang nantinya dapat digunakan sebagai rujukan untuk mengetahui sejarah desa.

Komentar atas Penelitian Balai Arkeologi Bali di Tajun: Ditemukan Arca Perwujudan Bhatari Abad 13-an dan Dolmen

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar