LPD Desa Adat Tajun dan BUMDesa Tajun Berikan Bantuan Dana Pengadaan Ogoh-ogoh untuk Sekaa Truna

Komang Sujana 27 Februari 2019 11:39:07 WITA

Dua lembaga keuangan di Desa Tajun, yaitu LPD Desa Adat Tajun dan BUMDesa Mandala Giri Amertha Desa Tajun memberikan bantuan dana pengadaan Ogoh-ogoh Nyepi 1941 untuk Sekaa Truna/Muda-mudi se-wilayah Desa Tajun.  

LPD Desa Adat Tajun dan BUMDesa Mandala Giri Amertha telah memberikan bantuan dana kepada 9 Sekaa Truna/muda-mudi, yaitu Truna-truni Batu Rimpi (Tabari), Remaja Lingkungan Taman Suci (Realitas), Sekaa Truna Tunggal Purusha, Sekaa Truna Dadia Pasek Selulung, Sekaa Truna Dadia Pasek Celagi, Sekaa Truna Tanah barak (Pecik), Sekaa Truna Taman Sari, dan Sekaa Truna Shanti Budi Darma (Sampalan).

LPD Desa Adat Tajun telah menyerahkan dana sejak seminggu yang lalu, sementara itu, BUMDesa Mandala Giri Amertha Desa Tajun secara kolektif menyerahkan bantuan dana pada tanggal 27 Februari 2019 di Gedung BUMDesa.

Ketua LPD Desa Adat Tajun, Ketut Sukradi, S.E., menyampaikan bahwa bantuan dana yang diberikan bertujuan untuk pelestarian adat istiadat dan budaya Bali. Secara khusus bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas truna-truni untuk menciptakan nilai seni. Ketut Sukradi berharap Sekaa Truna bisa berkreasi sendiri dan pada saat pengarakan ogoh-ogoh tetap tertib. “Jangan sampai beli Ogoh-ogoh yang bukan hasil kreatifitas seni tersendiri dan yang terpenting bisa mempertahankan tradisi kita sesuai sesuai dengan dresta (desa, kala, patra),” ungkapnya.

Hal yang sama diungkan oleh Drs. I Nyoman Sugana, Ketua BUMDesa Tajun, bahwa dana yang diberikan untuk menunjang kreativitas Sekaa Truna dalam menyambut Nyepi. Hal penting yang disampaikan oleh Nyoman Sugana dan harus ditindaklanjuti oleh Sekaa Truna pada saat pengarakan ogoh-ogoh adalah tentang kebersihan. “Kebersihan harus dijaga. Jangan menaruh ogoh-ogoh di pinggir jalan seperti tahun lalu agar tidak mengganggu lalu lintas dan yang paling penting adalah kebersihan. Setiap Sekaa Truna harus membawa atau menaruh ogoh-ogoh ke TPA setelah selesai diarak,” ungkapnya.

 

Dalam rangka memotivasi

Pemerintah Desa Tajun dan Desa Pakraman Tajun Serahkan Bantuan Dana untuk Kreativitas Ogoh-ogoh

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar