Warga Antusias Mengikuti Penyuluhan Pendaftaran Tanah Sitematis Lengkap (PTSL)

20 Februari 2018 13:15:02 WITA

Tim Sosialisasi PTSL Kantor Pertanahan Kabupaten Buleleng hari ini Selasa, 20 Februari 2018, melakukan sosialisasi PTSL di Desa Tajun. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang pendaftaran tanah sitematis lengkap. Oleh karena sebagai program nasional, maka masyarakat diharapkan untuk berpartisipasi aktif mensukseskan program PTSL ini.

Camat Kubutambahan, Drs. Komang Sumertajaya, M.Si., menyatakan masyarakat harus menyambut baik program pemerintah ini. "PTSL adalah program nasional yang menyentuh masyarakat. Masyarakat harus bersyukur dan mesukseskan program PTSL ini sehingga menjamin kepastian hukum atas tanah dan menghindari sengketa tanah di kemudian hari.", ungkapnya. Di sisi lain masyarakat (peserta penyuluhan) yang hadir cukup banyak pada sosialisasi ini merespons baik program ini dan berharap ke depan bisa memiliki kepastian hukum atas tanah yang dimiliki.

Tanah-tanah yang perlu didaftarkan adalah tanah yang belum bersertifikat diantaranya adalah tanah milik, tanah adat/desa pakraman, tanah pemerintah desa, dan tanah yang bersertifikat di bawah tahun 2007. Terkait syarat-syarat pendaftaran, Ketut Sutrisna, salah satu Tim Sosialisasi menyatakan bahwa syarat administrasi PTSL meliputi,  fotokopi KTP-KK pemohon, alas hak tanah yang dimiliki (surat keterangan waris, surat keterangan meninggal), SPPT/BPHTB, melengkapi dokumen yang disiapkan oleh Tim Puldadis (Pengumpul Data Yuridis), serta surat keterangan yang lain yang diperlukan. Khusus untuk tanah yang bersertifikat di bawah tahun 2007 cukup dengan menyetorkan fotokopi sertifikat dan identitas diri (KK-KTP). Masyarakat diharapkan intens berkoordinasi dengan Tim Puldadis yang standby di Kantor Desa Tajun terkait dengan hal-hal yang berkaitan dengan proses pendaftaran tanah sitematis lengkap ini. (KS)

Komentar atas Warga Antusias Mengikuti Penyuluhan Pendaftaran Tanah Sitematis Lengkap (PTSL)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar