Realisasi Dana Desa Tahap II: Betonisasi Jalan di Banjar Pasek, Pudeh, dan Batu Ngadeg

27 Mei 2019 12:47:54 WITA

Dalam rangka percepatan realisasi APBDes 2019 khususnya yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahap II, Pemerintah Desa Tajun telah menggenjot kegiatan betonisasi jalan di tiga Banjar Dinas, yaitu Banjar Dinas Pasek, Banjar Dinas Pudeh, dan Banjar Dinas Batu Ngadeg.

Kasi Kesejahteraan Desa Tajun Komang Sujana sebagai Pelaksana Kegiatan menyampaikan bahwa satu dari tiga betonisasi jalan sudah selesai dikerjakan. "Betonisasi jalan setapak di Banjar Dinas Pasek sudah selesai dikerjakan. Saat ini, kami fokus pada betonisasi jalan di Banjar Dinas Pudeh dan Batu Ngadeg," jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa kegiatan betonisasi jalan setapak sepanjang 664 m dengan lebar 1 m dan inggi 5 cm di Banjar Dinas Pasek menghabiskan biaya sebesar Rp 33.687.710 dari total anggaran Rp 39.276.100 sehingga terdapat sisa anggaran sebesar Rp 5.888.390.

Sedangkan untuk pengerjaan di Betonisasi Jalan di Banjar Dinas Pudeh (Pertigaan Tumpuk menuju Desa Depeha) baru mencapai 45%. Betonisasi jalan dengan panjang 604 m, lebar 3 m, dan tinggi 10 cm, dianggarkan sebesar Rp 169.477.200. Sampai berita ini diturunkan total sudah dana yang sudah digunakan adalah Rp 54.514.295 untuk upah tukang dan pekerja dan pengadaan barang dan jasa.

Sementara itu, untuk kegiatan betonisasi Banjar Dinas Batu Ngadeg baru pada tahap pengadaan bahan material (pasir dan koral). Sampai berita ini diturunkan anggaran yang telah dikeluarkan untuk pengadaan barang dan jasa sebesar Rp 24.083.650. Betonisasi jalan di lingkungan Banjar Dinas Batu Ngadeg dengan volume 1.568, lebar 2 m, dan tinggi 10 cm merupakan kegiatan dengan nilai anggaran yang paling tinggi yaitu sebesar Rp 292.592.800.

Komang Sujana optimis bahwa realisasi DD sesuai target. "Minimal pada bulan Juli penyerapan DD mencapai 75% sehingga tidak menghambat amprah DD tahap III," ujarnya.

Percepatan realisasi DD bukan semata-mata agar target penyerapan DD terpenuhi, tetapi agar warga bisa lebih cepat menikmati akses jalan yang baik sehingga aktivitas masyarakat tidak terganggu.

Baca Juga: tajun-buleleng.desa.id/index.php/first/artikel/650-Percepatan-Pelaksanaan-APBDes-2019--Tajun-Genjot-Realisasi-Dana-Desa

Gambar tambahan: Betonisasi Jalan Setapak di Banjar Dinas Pasek

Komentar atas Realisasi Dana Desa Tahap II: Betonisasi Jalan di Banjar Pasek, Pudeh, dan Batu Ngadeg

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Sukai Kami

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Tajun

tampilkan dalam peta lebih besar